al-Mubarok

Tiga Nama al-Fatihah

Bismillah.

Imam al-Baghawi rahimahullah (wafat 516 H) menyebutkan di dalam tafsirnya 3 buah nama dari surat al-Fatihah yang paling populer; yaitu : Fatihatul Kitab, Ummul Qur’an dan Sab’ul Matsani.

Ia disebut sebagai Fatihatul Kitab karena al-Qur’an dimulai susunannya di dalam mushaf dengan surat ini. Ia disebut sebagai Ummul Qur’an karena ia merupakan ashl/pokok dan intisari dari seluruh ayat al-Qur’an. Dan ia disebut sebagai Sab’ul Matsani karena terdiri dari tujuh ayat yang selalu dibaca berulang-ulang di dalam sholat, yaitu pada setiap rakaat (lihat Tafsir al-Baghawi, hal. 7)

Para ulama memiliki perhatian besar terhadap kandungan surat al-Fatihah. Seperti Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah yang menyusun risalah Ba’dhu Fawa’id min Surah al-Fatihah. Kitab ini berisi penjelasan faidah-faidah aqidah dan keimanan di dalam surat al-Fatihah.

Surat al-Fatihah menyimpan pokok-pokok agama. Di dalamnya terkandung kewajiban beribadah kepada Allah semata dan meninggalkan sesembahan selain-Nya. Di dalamnya juga terkandung kewajiban untuk mengimani hari akhir dan hari pembalasan atas segala amal perbuatan hamba. Di dalamnya juga terkandung keyakinan terhadap kasih sayang Allah dan tarbiyah-Nya atas segenap makhluk.

Di dalam surat yang agung ini juga terdapat kewajiban berdoa kepada Allah meminta hidayah jalan yang lurus; jalan yang memadukan antara ilmu yang bermanfaat dan amal salih. Kita meminta hidayah ini setiap hari lebih dari 17 kali; karena sholat wajib lima waktu terdiri dari 17 rakaat dan pada setiap rakaatnya wajib membaca surat al-Fatihah, sementara seorang muslim tidak hanya mencukupkan diri dengan sholat-sholat wajib, dia juga mengerjakan sholat-sholat sunnah. Ketika masuk masjid misalnya dia mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul masjid, atau sesudah berwudhu dia bisa mengerjakan sholat sunnah wudhu. Atau sholat-sholat sunnah yang lain.

Hal ini mengandung isyarat bagi kita untuk terus mendalami dan memahami ilmu dan kaidah yang tersimpan dalam surat al-Fatihah. Sebagaimana kita tidak bosan membacanya setiap hari, maka sudah selayaknya kita pun merenungkan isi dan faidahnya setiap hari. Allahul muwaffiq.

Penyusun : Redaksi www.al-mubarok.com


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net