al-Mubarok

Seri Mengenal Islam [1]

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, kita semuanya telah mengenal bahwa Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Islam memiliki 5 pilar atau rukun :

– Syahadat/persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah

– Mendirikan sholat

– Menunaikan zakat

– Berpuasa Ramadhan

– Berhaji ke Baitullah apabila mampu

Diantara kelima rukun Islam ini, yang paling mendasar adalah dua kalimat syahadat. Di dalam dua kalimat syahadat ini tercakup pokok-pokok agama Islam. Syahadat laa ilaha illallah mengandung kaidah bahwa segala bentuk ibadah hanya boleh dipersembahkan kepada Allah. Syahadat anna Muhammadar rasulullah mengandung kaidah bahwa tidak boleh melakukan ibadah kecuali harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beribadah kepada Allah semata, inilah yang biasa kita kenal dengan istilah tauhid. Tauhid inilah perintah paling agung dalam Islam. Tauhid ini pula yang menjadi hikmah diciptakannya jin dan manusia. Allah berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (adz-Dzariyat : 56)

Ibadah yang diterima adalah yang bersih dari syirik. Allah berfirman (yang artinya), “Sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada orang-orang sebelum kamu; Jika kamu berbuat syirik pasti akan lenyap semua amalmu dan benar-benar kamu akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (az-Zumar : 65)

Demikian seri ‘Mengenal Islam’ bagian pertama. Semoga pada waktu-waktu yang akan datang Allah beri kemudahan bagi kita untuk melanjutkan sharing sedikit faidah dan catatan.

Saudara kalian di jalan Allah

– Ari Wahyudi –

Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya

@ dipublikasikan oleh : Info Dakwah al-Mubarok

Ingin bergabung dengan grup wa-nya? (share hanya dari admin)

Bisa join di sini nggih : https://chat.whatsapp.com/4bnMdSNS0o17tyWsjncH81


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net