Tawaran Donasi Ratusan Juta

Bismillah.

Alhamdulillah dengan taufik dari Allah semata, rekan-rekan pengurus Yayasan Pangeran Diponegoro bersama Panitia Pembangunan Masjid Graha al-Mubarok telah memulai proses pembangunan masjid.

Masjid ini dibangun di atas tanah wakaf dari 2 orang donatur yaitu Bp. Sudarmanto dan Bp. Suranto. Total luas tanah yang diwakafkan oleh kedua donatur tersebut adalah seluas 400 meter persegi. Semoga Allah berikan balasan terbaik bagi beliau berdua atas kemurahan hatinya untuk mewakafkan tanah untuk pembangunan masjid ini.

Alhamdulillah dengan taufik Allah pula para donatur yang membantu pendanaan untuk pembangunan masjid ini diberikan kesabaran untuk bisa melalui tahapan-tahapan sebelum pembangunan masjid itu sendiri. Diantara tahapan sebelum dilakukan pembangunan masjid adalah program perataan tanah wakaf, pengerasan/pengecoran jalan menuju tanah wakaf, bakti sosial, pembuatan sumur bor, pembagian zakat maal, pengurusan akta wakaf dan peletakan batu pertama.  

Pada awalnya donasi yang terkumpul untuk program pembangunan masjid ini sudah terkumpul sekitar 200 juta rupiah kemudian terus bertambah sedikit demi sedikit hingga Allah berikan taufik kepada seorang donatur sehingga menyalurkan donasi untuk masjid ini dengan jumlah yang cukup besar yaitu Rp.500.000.000,-. Semoga Allah berikan balasan terbaik dan keberkahan kepada beliau dan keluarga serta hartanya.

Dari situlah panitia didorong untuk segera melakukan pembangunan masjid yang sudah sekian lama dinantikan. Dengan taufik dari Allah kemudian bimbingan dan nasihat dari para ustaz dan ahli-ahli di bidangnya maka panitia pembangunan masjid pun memulai pembangunan masjid dan masih berjalan hingga hari ini kurang lebih sudah masuk waktu sebulan. Target pembangunan tahap pertama adalah selesai bangunan masjid lantai 1 dan siap untuk dilanjutkan pembangunan lantai 2 dengan tambahan fasilitas berupa bangunan kamar mandi dan wc serta tempat wudhu untuk putra. Tahap pertama ini ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan efektif; ditambah libur hari raya idul fitri.

Dari total donasi yang sudah masuk untuk pendirian masjid ini secara otomatis sudah teranggarkan untuk menyelesaikan pembangunan masjid lantai 1 dan kamar mandi dan tempat wudhu tersebut. Dana yang digunakan untuk pembangunan tahap pertama ini adalah donasi Rp.500 Juta tersebut. Adapun dana lainnya yang sudah terkumpul digunakan oleh panitia untuk membebaskan tanah di depan lokasi tanah wakaf yang sudah resmi diwakafkan. Tanah yang dibebaskan ini seluas 704 meter persegi dengan harga Rp.1.000.000,-/m. Sehingga biaya tambahan yang dibutuhkan untuk membebaskan tanah (wakaf tanah masjid) adalah sebesar Rp.704.000.000,-

Dari donasi yang sudah masuk panitia telah melakukan pembayaran untuk membeli tanah pekarangan. Alhamdulillah atas taufik dan kemudahan dari Allah semata, sampai hari Selasa, 26 Jumada Tsaniyah 1439 H / 13 Maret 2018 telah terkumpul donasi pembangunan Masjid Graha al-Mubarok dan pembebasan tanah perluasan (pekarangan dan lahan parkir) sebesar : Rp.816.683.042 (delapan ratus enam belas juta enam ratus delapan puluh tiga ribu empat puluh dua rupiah) dari kebutuhan anggaran biaya total sebesar Rp.2 M (dua milyar rupiah).

Dana yang sudah terkumpul telah disalurkan sebagian untuk :
– DP Perluasan Area : Rp.150.000.000,-
– Pelunasan Jalan/Pekarangan : Rp.122.000.000,-
– Pelunasan Pembangunan Bak Tampungan Air Bersih : Rp.18.678.000,-
– Pemecahan Tanah Perluasan : Rp.8.000.000,-

Saldo donasi ketika itu : Rp.518.005.042,- (lima ratus delapan belas juta lima ribu empat puluh dua rupiah)

Dari saldo ini telah disisihkan dana sebesar Rp.500 Juta untuk keperluan pembangunan masjid lantai 1 dan kamar mandi serta tempat wudhu untuk putra. Setelah itu panitia terus melanjutkan proses penggalangan dana untuk pembangunan masjid maupun pembebasan tanah untuk perluasan lokasi pembangunan.

Perluasan lokasi pembangunan harus dilakukan karena kebutuhan untuk membangun gedung rumah tahfizh, rumah ustaz, lahan parkir dan pekarangan masjid. Dan pada prakteknya setelah dilakukan persiapan sebelum pembangunan mau tidak mau pembangunan masjid ini harus dibuat menyesuaikan kondisi/luas tanah yang ada sehingga mengambil sebagian dari tanah wakaf pertama (luas 400 meter persegi) dan mengambil juga lahan dari tanah wakaf tambahan (luas 704 meter persegi). Dengan demikian panitia masih memiliki tanggungan hutang kepada pemilik tanah dalam rangka menyelesaikan wakaf tanah perluasan tersebut. Dari 704 juta rupiah panitia baru bisa membayar sebesar kurang lebih 300 juta rupiah. Oleh sebab itu masih dibutuhkan donasi sebesar 400 juta rupiah untuk melunasi tanah tersebut.

Apabila donasi ini sudah terpenuhi -semoga Allah segera memberikan jalan keluar bagi panitia- maka masih dibutuhkan donasi berikutnya untuk melanjutkan proses pembangunan tahap kedua; dengan membangun masjid lantai dua dan beberapa sarana penunjang seperti rumah ustaz, kamar mandi dan tempat wudhu putri, serta rumah tahfizh al-Qur’an. Oleh sebab itu di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kami membuka kesempatan bagi segenap muhsinin untuk ikut serta mendukung program dakwah ini. Donasi wakaf tanah maupun donasi untuk pembangunan masjid beserta sarana penunjangnya.

Berikut ini kami lampirkan poster donasi untuk wakaf tanah dan donasi pembangunan masjid beserta foto-foto terbaru perkembangan proses pembangunan masjid Graha al-Mubarok. Teriring doa kepada Allah -Yang Maha Pemurah lagi Maha Kaya- semoga memudahkan kita semuanya untuk berinfak di jalan Allah dan sedekah jariyah; pahala yang terus mengalir meskipun pelakunya sudah meninggal….

Allahul muwaffiq

Foto oleh : Mas Ardian hafizhahullah

Desain awal bangunan masjid dan rumah ustaz di sampingnya (oleh Tim Pak Larno hafizhahullah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.