al-Mubarok

Perilaku Muslim

Bismillah.

Imam Bukhari rahimahullah membawakan riwayat dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma; bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

المُسْلِمُ مَن سَلِمَ المُسْلِمُونَ مِن لِسانِهِ ويَدِهِ، والمُهاجِرُ مَن هَجَرَ ما نَهَى اللَّهُ عنْه

“Seorang muslim adalah yang membuat kaum muslimin lainnya selamat dari gangguan lisan dan tangannya, dan hakikat orang yang berhijrah adalah yang meninggalkan apa-apa yang dilarang Allah.”

Hadits ini menunjukkan salah satu kesempurnaan dan kemuliaan agama Islam dalam mengatur kehidupan. Seorang muslim akan menciptakan suasana tenang dan aman bagi lingkungan di sekelilingnya. Seorang muslim bukanlah teroris yang gemar menebar rasa takut dan ancaman kepada orang lain.

Dalam hadits lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الإِيمانُ بضْعٌ وسَبْعُونَ، أوْ بضْعٌ وسِتُّونَ، شُعْبَةً، فأفْضَلُها قَوْلُ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وأَدْناها إماطَةُ الأذَى عَنِ الطَّرِيقِ، والْحَياءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإيمانِ

Iman terdiri dari tujuh puluh lebih cabang atau enam puluh lebih cabang, yang paling utama adalah kalimat laa ilaha illallah, dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan, dan rasa malu merupakan salah satu cabang keimanan. (HR. Muslim)

Imam Bukhari juga membawakan riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أوْ لِيَصْمُتْ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فلا يُؤْذِ جارَهُ

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berkata baik atau diam, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir janganlah dia mengganggu tetangganya

Semoga Allah berikan taufik kepada kita untuk menjadi muslim sejati…

Penyusun : Redaksi www.al-mubarok.com


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Oktober 2022
    S S R K J S M
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net