Layanan 24 Jam

Bismillah.

Salah satu perkara yang menarik untuk kita cermati adalah layanan 24 jam yang dibuka oleh beberapa jenis usaha atau unit operasional kesehatan dan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat. Seperti misalnya warung makan 24 jam, apotek 24 jam, IGD 24 jam, warnet 24 jam, dsb.

Kita terkadang lupa bahwa ada fasilitas umum juga yang dituntut buka 24 jam walaupun pintunya sudah ditutup dan lampunya sudah dimatikan, yaitu masjid. Bagaimana pun juga masjid adalah tempat ibadah yang terbuka bagi kaum muslimin kapan saja mereka hendak datang dan menunaikan sholat, dzikir atau membaca al-Qur’an atau menelaah buku di perpustakaan. Akan tetapi sayangnya banyak masjid yang belum bisa melaksanakan fungsi ini dengan optimal karena berbagai kendala.

Salah satu kendala yang sering ditemui adalah minimnya SDM yang bisa mengelola atau melayani jama’ah, terlebih lagi di luar jam-jam sholat. Tidak jarang sebagian masjid juga sepi dari jama’ah bahkan tidak dikumandangkan adzan di siang hari/waktu zhuhur atau sore/waktu ashar. Hal ini semestinya juga mendapatkan perhatian oleh para pengurus masjid.

Belum lagi jika kita berbicara tentang pemeliharaan aset masjid dan sarana penunjangnya termasuk perawatan kebersihan. Tidak jarang masjid yang dibersihkan beberapa hari sekali bahkan sepekan sekali baru dibersihkan ketika akan jumatan. Ini adalah fenomena yang memprihatinkan. Padahal masjid setiap hari digunakan untuk sholat berjamaah dan perlu dibersihkan secara rutin.

Sekarang ini kita sudah berada di bulan Rajab menjelang Sya’ban, dan setelahnya Ramadhan. Mungkin ini adalah momen yang tepat untuk kembali menggalakkan piket kebersihan atau kerja bakti pekanan untuk memelihara kebersihan masjid dan membenahi kerusakan-kerusakan. Kita perlu bertahap untuk melakukan proses perawatan masjid terutama jika bangunannya cukup besar dan areanya cukup luas. Di sini lah kiranya peran dan inisiatif generasi muda dibutuhkan.

Mudah-mudahan sharing ringan ini bermanfaat bagi kaum muslimin terutama para pengurus masjid.

Penyusun : Redaksi www.al-mubarok.com

Tinggalkan komentar