al-Mubarok

Konsep Wisma Tahfidz al-Mubarok

Bismillah.

Tidaklah diragukan bahwa mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya merupakan amalan yang paling utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Mengikuti ajaran Kitabullah adalah jalan menuju kebahagiaan. Allah berfirman (yang artinya), “Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku niscaya dia tidak akan tersesat dan tidak pula celaka.” (Thaha : 123). Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma mengatakan, “Allah memberikan jaminan kepada siapa saja yang membaca al-Qur’an dan mengamalkan ajarannya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat.”

Wisma Tahfidz al-Mubarok merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberadaan Masjid Jami’ al-Mubarok Yapadi yang dikelola oleh Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Keberadaan wisma ini insya Allah akan membuka sebuah ladang emas bagi para pegiat dakwah dan pemerhati kondisi umat. Dalam beberapa waktu terakhir ini alhamdulillah panitia telah berusaha untuk merekrut calon santri dan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk berjalannya program ini ke depan. Bangunan rumah yang akan digunakan adalah sebuah rumah salah seorang warga dusun Donotirto RT 9 yang lokasinya tidak berjauhan dari Masjid Jami’ al-Mubarok Yapadi (kurang lebih 100 m).

Wisma ini rencananya menampung santri putra sebanyak 12 orang (yang mendaftar baru sekitar 6 orang) yang akan menempati 6 buah kamar (sekamar berdua). Biaya tinggal tiap santri adalah Rp.1 Juta/tahun dan biaya program sebesar Rp.500.000,-/semester. Kriteria santri berusia 18 – 30 tahun. Insya Allah wisma tahfidz ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin ikut serta berkontribusi baik sebagai santri, donatur, atau ikut menyebarkan publikasinya. Alhamdulillah dalam rangka menyusun program ini panitia sudah mulai berkonsultasi dengan para ustaz pembina diantaranya Ust. Abu Yasir (alumni Darul Hadits Yaman) dan Ust. Arsyad (alumni Ponpes Hamalatul Qur’an).

Sampai saat ini panitia masih berusaha untuk mencari musyrif/pengasuh yang tepat untuk program ini dengan kriteria sudah memiliki hafalan minimal 15 juz dan sanggup tinggal di wisma untuk mengampu setoran hafalan dan mengajar tajwid. Untuk musyrif dan asistennya disediakan fasilitas kamar (sekamar berdua) di wisma tahfidz tersebut insya Allah. Program ini menargetkan hafalan 5 juz per tahun untuk setiap santri, sehingga dalam 2 tahun diharapkan bisa menamatkan hafalan 10 juz. Selain menghafalkan al-Qur’an, santri juga diberi tugas untuk mengurus kegiatan dakwah masyarakat di Masjid Jami’ al-Mubarok seperti pengajian warga, TPA, dan kerja bakti.

Untuk membekali santri dengan ilmu agama, dalam program ini insya Allah juga diajarkan materi diniyah yang paling mendasar yaitu aqidah dan fikih. Selain itu materi-materi penting lainnya juga akan disampaikan melalui kegiatan daurah yang akan diadakan setiap semesternya. Untuk melangkapi pemahaman agama santri juga bisa mengikuti kajian ekstra dalam program Kajian Umum Ilmiah Ma’had al-Mubarok yang diadakan di masjid-masjid sekitar Kampus UMY.

Lokasi Wisma Tahfidz ini tidak jauh dari kampus UMY, sekitar 2 km arah barat daya dengan lokasi yang masih asri dan jauh dari kebisingan. Keberadaan Masjid Jami’ al-Mubarok yang belum lama dibangun juga semakin menunjang program pendidikan yang diusung oleh wisma ini. Insya Allah penerimaan santri baru masih diperpanjang hingga pertengahan Maret. Oleh sebab itu bagi segenap ikhwan yang ingin mendaftar bisa segera menghubungi panitia atau melalui admin di no : 0853 3634 3030 (wa). Pengisian formulir bisa dilakukan menyusul. Insya Allah seleksi akan diadakan pada hari Ahad, 17 Maret 2019, waktu dan tempat menyusul.

Bulan Ramadhan yang semakin dekat menjadi momen yang sangat tepat untuk memacu semangat kita dalam mempelajari al-Qur’an dan ikut serta mendakwahkannya di tengah masyarakat. Semoga Allah berikan taufik kepada segenap panitia dan pengajar untuk bisa melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya. Bantuan dan dukungan anda sangat berarti bagi kami. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.  


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Agustus 2022
    S S R K J S M
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net