al-Mubarok

Yuk Bantu Masjid

Bismillah.

Masjid adalah tempat yang paling dicintai Allah di atas muka bumi. Di dalamnya kaum muslimin menunaikan berbagai bentuk amal ibadah kepada Allah. Sholat, ruku’, sujud, mendengarkan khutbah, ta’lim, mengajarkan al-Qur’an, dsb. Begitu banyak amalan yang dilakukan di masjid.

Oleh sebab itu merawat masjid termasuk amal yang sangat utama. Orang yang membangun masjid akan dibangunkan untuknya istana di surga. Orang yang memakmurkan masijd pun memiliki keutamaan yang sangat besar di hadapan Allah. Terlebih di bulan puasa, banyak kegiatan dakwah dan ibadah yang dilakukan di masjid-masjid kaum muslimin.

Sebagian orang mungkin menganggap sepele kegiatan membersihkan lingkungan masjid, membersihkan kamar mandi, mencuci gelas yang digunakan sehabis buka puasa. Maka sungguh itu bukanlah perkara yang layak. Karena kita tidak boleh meremehkan kebaikan walaupun kelihatan kecil. Karena bisa jadi yang kecil-kecil itulah yang bisa menjadi sebab keselamatan kita dari azab neraka.

Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk menjaga diri dari api neraka walaupun hanya dengan sedekah separuh buah kurma. Bahkan menyingkirkan gangguan dari jalan pun termasuk salah satu cabang keimanan. Kalau kita malu ketika rumah dan kamar kita kotor dan berantakan tentu kita lebih malu apabila rumah Allah dan tempat ngaji TPA dalam keadaan kotor dan berantakan.

Semoga Allah berikan taufik kepada para pengurus masjid dan generasi muda kaum muslimin.

Redaksi www.al-mubarok.com


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

1 COMMENT

Redaksi

  • April 12, 2022 AT 8:18 am
  • Reply

Mantap mas… Belajar di sini.

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Oktober 2022
    S S R K J S M
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net