Perbaikan Jalan Kampung

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, tidaklah samar bagi kita bahwa perjalanan dakwah ini menuntut kesabaran dan keikhlasan. Selain ia juga harus selalu berpegang kepada ilmu dan kaidah-kaidah agama.

Masjid Jami’ al-Mubarok YAPADI yang berada di kawasan perbukitan di bagian pinggir Kabupaten Bantul yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman tentu memiliki berbagai keunikan dan tantangan tersendiri dalam pengembangan dakwah ini. Kondisi medan geografis yang berbukit dan keadaan jalan kampung yang masih kurang baik menuntut perhatian masyarakat untuk ikut andil membantu perkembangan dakwah.

Alhamdulillah setelah sekitar 4 hari dilakukan pengecoran untuk pelebaran jalan Janjang -panjangnya 200 m lebih- yang berada di wilayah Dusun Mancasan – sebelah utara Masjid Jami’ al-Mubarok – kini jalan menuju masjid dari arah Jalan Wates via Pasar Sapi lebih lebar dan insya Allah bisa dilewati mobil dan motor saat berpapasan. Lebar jalan yang sekarang sekitar 4,5 – 5 m. Sebelumnya jalan hanya selebar 2,5 m. Alhamdulillah donasi dari muhsinin sebesar 35 juta telah disalurkan dan masih ada sisa untuk pengecoran sebesar Rp.4 Juta kurang lebih.

Untuk memaksimalkan pengecoran dan perbaikan jalan maka panitia berencana melanjutkan pengecoran jalan kampung yang kini sebagian besar sudah rusak dan memang belum dicor. Lokasinya berada di barat masjid menuju selatan; ke arah perumahan. Panjang area jalan yang akan dicor adalah sekitar 186 m dan akan dicor dengan menggunakan alat berat/ready mix. Biaya yang dibutuhkan untuk pengecoran mutu beton K-100 sebesar Rp.600.000,-/meter kubik.

Jalan yang akan diperbaiki/dicor di bagian kanan dan kiri (selebar 2 m) sepanjang 90 meter membutuhkan 18 meter kubik cor, sedangkan jalan yang akan dicor full (selebar 5 m) sepanjang 96 m membutuhkan 48 meter kubik cor. Total pengecoran 66 meter kubik. Dengan demikian dana yang dibutuhkan untuk pengecoran 66 meter kubik sebesar Rp.39.600.000,-

Alhamdulillah dari pembangunan tahap pertama/pelebaran jalan Janjang masih ada sisa anggaran sebesar Rp.4.349.000. Dengan demikian kekurangan anggaran untuk melanjutkan perbaikan jalan kampung Mancasan ini adalah sebesar Rp.35.251.000,-. Demikian data yang kami peroleh dari panitia perbaikan jalan mas Iwan -semoga Allah menjaga beliau dan memberikan taufik kepadanya- warga Dusun Mancasan.

Bagi kaum muslimin yang ingin membantu atau menyalurkan dana riba untuk program perbaikan jalan kampung ini bisa menyalurkan ke rekening Yayasan Pangeran Diponegoro no : 710 206 3737 atas nama Yayasan Pangeran Diponegoro dengan menyampaikan konfirmasi donasi kepada pengurus via wa ke nomor : 0853 3634 3030. Periode donasi ini kami buka dari tanggal 7 November 2021 sampai 17 November 2021.

Semoga Allah berikan kemudahan bagi kita dalam menjalankan perintah Allah dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Orang yang terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Redaksi al-mubarok.com

Takmir Masjid Jami’ al-Mubarok YAPADI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.