Bahaya Dosa Hati – Ustaz Aris Munandar

Bismillah.

Berikut ini kami sajikan kembali sebuah rekaman kajian kitab al-Kaba’ir yang disampaikan oleh Ustaz Aris Munandar, S.S, M.PI hafizhahullah dalam kegiatan Ma’had al-Mubarok beberapa waktu yang silam di Masjid Muthohharoh Ngebel – selatan Kampus UMY.

Dalam kesempatan ini beliau menjelaskan tentang pentingnya mengatur amalan-amalan hati karena baiknya hati menjadi sebab baiknya amalan. Hati bagaikan raja, sedangkan anggota badan yang lain seperti tentara. Tidaklah bermanfaat di sisi Allah kecuali hati yang bersih. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berdoa kepada Allah meminta hati yang bersih. Hati yang bersih adalah hati yang bersih dari segala penyakit. Tidak ada di dalamnya kecuali kecintaan kepada Allah dan apa-apa yang dicintai-Nya.

Beliau juga menjelaskan tentang bahaya dosa sombong dan membanggakan diri. Sombong dengan kata-kata maupun sombong dengan perbuatan. Allah tidak mencintai orang yang sombong dengan kata-katanya atau perbuatannya. Beliau juga menyampaikan ayat yang berisi ancaman bagi orang-orang yang sombong, bahwa tempat mereka adalah di neraka.

Di dalam hadits juga disebutkan bahwa orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun sangat kecil maka dia akan masuk neraka. Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. Dan bukanlah termasuk kesombongan jika seorang memakai pakaian yang bagus atau sandal yang bagus. Bahkan Allah mencintai orang yang suka memperindah atau memperbaiki penampilan agar tidak mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya.

Untuk menyimak penjelasan lebih lengkap silahkan unduh rekaman di sini [klik]

Semoga Allah memberikan balasan terbaik bagi Ustaz, segenap panitia dan semua pihak yang ikut mendukung terselenggaranya program ini.

# Kajian ini direkam pada : 27 Agustus 2016

 

 

 

Tinggalkan komentar