10 Buku Sarat Ilmu

Bismillah.

Belajar ilmu agama adalah kebutuhan setiap muslim. Tiada hari tanpa belajar dan tiada hari tanpa beramal. Ilmu menjadi landasan dan penopang amal dan perjuangan. Berikut ini kami sajikan sekitar 10 judul buku yang penuh manfaat sebagai masukan bagi para pemuda yang haus ilmu agama.

Pertama; Ushul Tsalatsah. Kitab ini aslinya berbahasa arab dan alhamdulillah sudah banyak terjemahnya.. Biasa diartikan dengan Tiga Landasan Pokok. Disebut juga dalam bahasa arab dengan Tsalatsatul Ushul. Buku dasar dalam ilmu tauhid yang wajib dipelajari bagi seorang muslim.

Kedua; Qawa’id Arba’. Disebut juga dengan empat kaidah utama, buah karya Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah sang penulis kitab Ushul Tsalatsah. Kitab yang sangat ringkas tetapi sarat akan faidah dan ilmu dari al-Kitab dan as-Sunnah. Menjelaskan seputar makna tauhid dan syirik.

Ketiga; Kitab Tauhid yang juga disusun oleh Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah. Kitab ini secara khusus mengupas perkara tauhid ibadah dan dasar-dasar keyakinan yang wajib dipahami oleh setiap manusia. Karena tauhid inilah misi utama dakwah Islam yang diemban setiap rasul kepada umatnya.

Keempat; al-Arba’in an-Nawawiyah, sebuah kitab tipis yang berisi kumpulan sekitar 40 hadits yang menjelaskan tentang pokok-pokok agama Islam dari berbagai sisi. Kitab ini ditulis oleh Imam Nawawi rahimahullah seorang ulama bermadzhab Syafi’i yang sangat terkenal dengan kedalaman ilmu beliau.

Kelima; Riyadhush Shalihin yang juga merupakan karya Imam Nawawi rahimahullah. Kitab ini berisi kumpulan hadits-hadits tentang akhlak dan pembentukan pribadi muslim yang bertakwa. Kitab ini sering digunakan dalam kajian keislaman di pondok pesantren dan masjid-masjid di berbagai penjuru dunia.

Keenam; Aqidah Wasithiyah yang ditulis oleh Syaikhul Islam Abul Abbas al-Harrani rahimahullah. Kitab ringkas yang menjelaskan dalil-dalil mengenai pokok aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Kitab ini juga menjadi rujukan yang sangat penting dalam mengenali pemahaman yang lurus dan pemahaman yang sesat.

Ketujuh; Umdatul Ahkam yang disusun oleh al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi rahimahullah seorang ulama hadits besar. Kitab ini berisi hadits-hadits hukum dalam berbagai pelajaran syari’at. Kitab ini juga sudah ada terjemahnya.

Kedelapan; Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah. Kitab ini secara khusus mengumpulkan hadits-hadits tentang adab dan akhlak.

Kesembilan; Hishnul Muslim karya Syaikh Dr. Sa’id al-Qahthani rahimahullah, sebuah kitab kecil berisi panduan doa dan dzikir berdasarkan dalil al-Qur’an dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kesepuluh; Fiqih Asma’ul Husna karya Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah, kitab ini berisi kandungan makna dari asma’ul husna dan metode pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Kitab ini juga sudah ada terjemahnya -dan cukup tebal- dengan judul ‘Ensiklopedi Asma’ul Husna’, kalau tidak salah ingat…

Demikian 10 kitab bermanfaat yang mungkin bisa menjadi rujukan belajar dan referensi untuk penimba ilmu dalam rangka menemani perjalanan hari demi hari di alam dunia ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Semoga Allah beri taufik kepada kita untuk meraih ilmu yang bermanfaat… aamiin.

Penyusun : Redaksi www.al-mubarok.com

Tinggalkan komentar