Laporan Kegiatan Dakwah

Mukadimah

Segala puji bagi Allah. Salawat dan salam semoga tercurah kepada hamba dan utusan-Nya yang membawa petunjuk jalan yang lurus. Amma ba’du.

Yayasan Pangeran Diponegoro/YAPADI pada tahun 2021 melaksanakan beberapa kegiatan pendidikan, dakwah dan sosial untuk masyarakat umum dan mahasiswa. Ada kegiatan yang bersifat rutin dan ada juga yang bersifat insidental. Ada juga kegiatan pembangunan sarana fisik yang menjadi penunjang kegiatan dakwah dan ibadah. Kegiatan YAPADI mencakup ruang lingkup; pelajaran bahasa arab, kegiatan wisma, pengelolaan TPA, pengajian umum, kegiatan Ramadhan, Hari Raya, bakti sosial, dan pengadaan daurah serta penyaluran bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bagian 1.

Baca Kitab dan Bahasa Arab

Kegiatan baca kitab diadakan di Wisma al-Mubarok 1 dengan membahas kitab para ulama. Peserta baca kitab adalah rekan-rekan mahasiswa dan penuntut ilmu yang tinggal di daerah Bantul dan sekitarnya. Jumlah peserta bervariasi per kelas, berkisar antara 1 sampai 5 orang.

Diantara kitab yang sudah selesai dibaca; Mulakhosh Syarh Kitab Tauhid -melanjutkan baca kitab yang dulu diadakan di Masjid Jami’ al-Mubarok pada saat awal pandemi-. Jadwal baca kitabnya Senin, Rabu dan Jum’at ba’da maghrib sampai menjelang isyak.

Selain itu juga telah diselesaikan pembacaan kitab Syarah Hadits yaitu Fathul Qawil Matin selama masa pandemi. Jadwalnya setiap Selasa dan Kamis ba’da maghrib – menjelang isyak. Jumlah peserta yang hadir berkisar antara 3 – 4 orang. Alhamdulillah sekarang dilanjutkan dengan membaca kitab Tanbihat Syarh al-Wajibat dengan jadwal sepekan sekali pada hari Kamis ba’da maghrib, jumlah peserta yang masih ikut ada 1 orang. Peserta yang lain ada yang sudah lulus kuliah dan menjalani tugas ko-as, ada yang masuk rumah tahfidz, dan ada juga yang sudah bekerja di luar kota. Rata-rata pesertanya adalah mahasiswa; ada yang dari UGM dan ada yang dari UMY.

Alhamdulillah juga telah diselesaikan pembacaan kitab Min Hidayati Suratil Fatihah di Wisma al-Mubarok 1 dengan jadwal sepekan sekali pada hari Sabtu pagi Pkl. 07.30 – 08.30 WIB dengan peserta 2 orang; keduanya alumni UMY. Kini jadwal baca kitabnya dipindah menjadi setiap hari Ahad malam ba’da maghrib dengan membaca Syarh Syuruth ash-Sholah dengan jumlah peserta yang biasa hadir 1 orang. Sekarang baca kitab ini libur karena peserta sedang mudik ke kampung halaman.

Alhamdulillah juga telah diselesaikan pembacaan Syarh Ushul Tsalatsah karya Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah dengan jumlah peserta antara 1 sampai 3 orang, yang sering hadir 2 orang lalu terakhir tersisa 1 orang. Jadwal baca kitabnya sepekan 2 kali pada hari Senin dan Rabu pagi Pkl. 06.00 WIB. Kegiatan ini sekarang sudah dipindah jadwalnya menjadi malam hari pada hari Selasa malam dengan membaca Da’awatul Anbiya’ dan sudah selesai dan insya Allah akan dilanjutkan dengan membaca kitab Mazhahir Zha’fil ‘Aqidah karya Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah.

Ada juga pelajaran baca kitab Ibthal at-Tandid Syarh Kitab Tauhid yang semula dijadwalkan rutin setiap Ahad sore Pkl. 16.00 – 17.00 WIB dan sekarang dipindah jadwalnya menjadi hari Senin malam ba’da isyak dan untuk sementara ini belum bisa dilanjutkan karena beberapa kendala kesibukan peserta ataupun pengajar.

Adapun pelajaran baca kitab yang masih berjalan saat ini adalah; Syarh Qawa’id Arba’ karya Syaikh Shalih al-Fauzan, jadwalnya setiap Selasa dan Sabtu sore Pkl. 16.00 – 17.00 WIB. Alhamdulillah sebelumnya pada jadwal yang sama telah diselesaikan baca kitab Syarh Tafsir Kalimat Tauhid dan Syarh Ba’dhu Fawa’id Surah al-Fatihah. Jumlah peserta yang hadir berkisar antara 2 sampai 4 orang, yang masih bertahan sampai sekarang ada 2 orang. Peserta yang lain ada yang sudah masuk ke program Ma’had al-’Ilmi dan ada juga yang sudah sibuk bekerja.

Selain itu juga telah diadakan pelajaran bahasa arab dasar membahas nahwu dan shorof setiap Senin dan Rabu sore Pkl. 16.00 – 17.00 WIB dengan membahas kitab Muyassar Jilid 1, Mukhtarot, dan kemudian dilanjutkan latihan baca kitab dengan Matan Qawa’id Arba’; alhamdulillah sudah selesai dan sekarang mengulang lagi membahas Muyassar Jilid 1 untuk teman-teman yang sudah pernah belajar nahwu/muroja’ah. Jumlah peserta yang hadir biasanya sekitar 3 – 4 orang. Ada yang mahasiswa UAD, ada yang bekerja, ada yang sekolah/SMK, dan ada juga yang fokus tholabul ilmi. Rata-rata yang ikut belajar baca kitab bukan dari warga Wisma al-Mubarok; karena kebanyakan teman-teman wisma sudah ikut program Ma’had Ali bin Abi Thalib di UMY.

Untuk baca kitab malam juga alhamdulillah masih berjalan membahas Syarh Fadhlul Islam setiap Senin dan Jum’at malam ba’da maghrib dengan jumlah peserta berkisar 1 sampai 3 atau 4 orang. Yang sering hadir ada 3 orang. Peserta ada yang thullab Ma’had Ali ada yang sudah kerja/alumni UNY, dan ada juga yang masih menyelesaikan skripsi di UMY. Peserta ada yang berasal dari Bantul, ada yang dari Kotagedhe, dan ada yang dari Sleman/Godean.

Pelajaran bahasa arab juga ada pagi hari dan masih berlanjut yaitu pelajaran shorof dengan kitab Mukhtarot, sebelumnya membahas nahwu dengan Muyassar. Jadwalnya Selasa, Rabu, dan Kamis pagi Pkl. 06.30 – 07.30 WIB, sebelumnya jadwalnya jam 07.00 – 08.00 WIB selama pertengahan musim pandemi. Jumlah peserta yang hadir sekarang 2 orang. Terkadang pelajaran juga diliburkan karena pengajar sakit atau berhalangan.

Selama pandemi juga ada baca kitab pagi pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis -terkadang libur juga sebagian hari- dengan membahas kitab Tajridut Tauhid dan alhamdulillah sudah selesai, jumlah peserta yang hadir biasanya 2 sampai 3 orang teman-teman takmir MJM. Sekarang dilanjutkan dengan membaca Syarh Kasyfu Syubuhat karya Syaikh Shalih al-Fauzan dengan peserta teman-teman mahasiswa Ma’had Ali bin Abi Thalib UMY berjumlah 4 orang.

Pada akhir pekan juga dibuka kelas bahasa arab nahwu dengan kitab Muyassar untuk angkatan baru, jadwalnya setiap Sabtu dan Ahad pagi Pkl. 05.30 – 06.30 WIB dengan jumlah peserta 2 orang; 1 berasal dari Boyolali dan 1 dari Sedayu bantul. Kemudian setelah itu pada hari Sabtu dan Ahad pagi Pkl. 07.00 – 08.00 WIB juga ada baca kitab -sebelumnya pelajaran shorof dengan kitab Mukhtarot- dengan membahas Ma’alim Manhaj Ahlis Sunnah karya Syaikh Shalih al-Fauzan. Jumlah peserta yang biasa hadir 3 – 4 orang. Rata-rata sudah tidak kuliah (sudah bekerja dan berkeluarga).

Selain itu ada juga pelajaran bahasa arab lanjutan dengan membahas kitab Mulakhosh Qawa’id Lughoh setiap hari Kamis dan Jum’at sore Pkl. 16.00 – 17.00 WIB (kadang-kadang libur) dan alhamdulillah sudah menyelesaikan pembahasan nahwu, sekarang masih melanjutkan pembahasan shorof. Jumlah peserta yang hadir 2 – 3 orang dan sekarang yang masih bertahan 1 orang; mahasiswa sastra Arab UGM, asalnya dari Pajangan Bantul.

Ada juga baca kitab malam, yang dibahas kitab Tuhfatus Saniyah dan Fawaid Mustanbathah. Sebelumnya membahas kitab Syarh Qawa’id Arba’ Syaikh Shalih al-Fauzan setelah sebelumnya membahas pelajaran shorof/mukhtarot. Jadwalnya setiap Rabu dan Jumat malam ba’da isyak. Jumlah peserta yang hadir awalnya 3 – 4 orang dan sekarang masih masih bertahan sekitar 1 sampai 2 orang. Ada yang berasal dari Tlogo; mahasiswa UMY, ada yang dari Medari Sleman, dan ada juga yang  dari Magelang (sekarang tidak lanjut), dan ada yang dari Pandak Bantul; mahasiswa UIN.

Kendala/Evaluasi : Untuk teman-teman wisma dan takmir MJM sampai saat ini belum ada jadwal khusus yang bisa diikuti oleh mereka secara bersama-sama. Faktornya kemungkinan karena jadwal kegiatan masing-masing mahasiswa yang berbeda-beda dan belum bisa disesuaikan. Ke depan mungkin untuk teman-teman wisma dan MJM bisa dibuat jadwal khusus baca kitab dengan menggunakan tempat yang lebih luas dari Wisma 1 yaitu di Wisma 4 atau di MJM; bisa juga dengan mencari pengajar yang baru agar bisa disesuaikan waktunya dengan jadwal teman-teman.

Rencananya pada bulan November ini akan dimulai kegiatan daurah nahwu dengan kitab Muyassar Jilid 1 setiap hari Sabtu dan Ahad Pkl. 10.00 – 11.30 WIB bertempat di Masjid Jami’ al-Mubarok Yapadi. Alhamdulillah sampai laporan ini kami susun sudah ada sekitar 6 orang pendaftar dari kuota 20 pendaftar. Kegiatan ini khusus untuk putra. Kegiatan daurah akhir pekan ini direncanakan berjalan selama kurang lebih 3 bulan atau 36 jam pertemuan.

Informasi seputar jadwal bahasa arab/baca kitab : 0853 3634 3030 (wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.