al-Mubarok

Beberapa Buku Penting

Bismillah.

Sobat muslim yang dirahmati Allah… membaca buku kebutuhan setiap muslim, dan buku yang dimaksud adalah yang berisi ilmu-ilmu yang bermanfaat. Kita tidak ragu bahwa belajar ilmu agama merupakan kunci untuk bisa mencapai kebahagiaan hidup dan keselamatan…

Ada beberapa buku penting yang ingin kami sebutkan di sini mungkin ada sebagian sobat muslim yang belum pernah mendengarnya. Namun sebelum itu perlu kita ketahui bahwa ilmu yang sahih telah dibukukan oleh para ulama dengan sangat rapi dalam karya-karya mereka. Dan ilmu itu terus berkembang seiring dengan meningkatnya pemahaman manusia terhadap petunjuk yang Allah berikan…

Diantara buku yang sangat penting bagi seorang muslim -setelah al-Qur’an- adalah buku kumpulan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seperti kitab tipis sarat faidah karya Imam Nawawi rahimahullah berjudul Arba’in Nawawiyah. Selain itu ada juga buku yang membahas dasar-dasar agama seperti Ushul Tsalatsah/tiga landasan utama karya Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah.

Uraian lebih dalam seputar tauhid juga bisa kita peroleh dalam Kitab Tauhid yang juga disusun oleh Syaikh Muhammad at-Tamimi. Diantara penjelasan kandungan Kitab Tauhid yang sudah diterjemahkan adalah syarah dari Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah yang judul aslinya al-Mulakhosh fi Syarh Kitab at-Tauhid.

Adapun pembahasan seputar adab dan akhlak maka buku yang terbagus diantaranya adalah Riyadhush Shalihin karya Imam Nawawi. Ada juga buku tipis tentang penyucian jiwa karya Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah berjudul ‘Asyru Qawa’id fi Tazkiyatin Nafs yang telah diterjemahkan oleh Ust. M. Saifuddin Hakim hafizhahullah dan diterbitkan oleh teman-teman tim Belajar Tauhid; barakallahu fiihim.

Bagi teman-teman yang ingin mendalami ilmu nahwu/kaidah bahasa arab dari dasar bisa membaca kitab al-Muyassar fi ‘Ilmi Nahwi karya Ust. Aceng Zakaria hafizhahullah. Adapun untuk belajar shorof dan kaidah-kaidahnya bisa membaca kitab Mukhtarot karya Ust. Aunurrofiq Ghufron hafizhahullah.

Pembahasan seputar adab menimba ilmu dan kaidah-kaidahnya bisa membaca Kitabul ‘Ilmi karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah. Adapun untuk merenungkan kandungan ayat-ayat dari sisi faidah ilmu dan yang lainnya bisa membaca misalnya Ahkam minal Qur’an al-Karim karya Syaikh al-Utsaimin juga.

Bagi yang ingin mengenal beberapa pilar pokok dakwah dan manhaj ahlus Sunnah bisa membaca buku ringkas karya Syaikh Abdussalam Barjas rahimahullah yang berjudul Ushul Da’wah Salafiyah. Ada juga karya Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah yang berjudul Ma’alim Manhaj Ahlis Sunnah wal Jama’ah.

Bagi thullab yang ingin menyimak penjelasan hadits-hadits dari Sahih Bukhari dari ulama masa kini yang cukup terpercaya aqidah dan manhajnya silahkan membaca Minhatul Malik al-Jalil karya Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah. Dan bagi yang ingin menggali berbagai faidah dan aqidah seputar Asma’ul Husna bisa mengkaji kitab Fiqh Asma’il Husna karya Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah.

Demikian beberapa buku dan kitab yang mungkin bisa dipelajari oleh kita terutama bagi para penimba ilmu agama. Semoga Allah berikan kepada kita ilmu yang bermanfaat. Wallahul muwaffiq.


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Ikut Beramal Yuk!

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Oktober 2021
    S S R K J S M
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031