al-Mubarok

Keutamaan Ilmu – Ustaz Amir as-Soronji

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, berikut ini kami sajikan kembali sebuah rekaman kajian kitab Tazkiyatun Nufus yang disampaikan oleh Ustaz Amir as-Soronji, Lc. hafizhahullah yang beliau sampaikan dalam kegiatan Ma’had al-Mubarok beberapa tahun silam.

Di dalam kajian ini beliau menyebutkan keutamaan-keutamaan bagi orang yang berilmu. Bahwa orang yang berilmu akan diberikan ketinggian kedudukan di dunia dan di akhirat. Di dalam kajian ini beliau juga menyebutkan kisah ulama terdahulu yang menunjukkan keutamaan ilmu. Orang yang cacat fisiknya tetapi Allah mengangkat kedudukan mereka karena ilmu yang mereka miliki. Di dunia mereka dimuliakan dan di akhirat Allah juga akan mengangkat derajat orang-orang berilmu.

Beliau juga membawakan ayat yang menjelaskan bahwa tidaklah sama antara orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu. Sebagaimana tidak sama antara malam dengan siang, air dengan api, dsb. Hal ini menunjukkan keutamaan ilmu.

Beliau juga membawakan hadits yang menjelaskan keutamaan orang yang memahami agama. Bahwa Allah akan memahamkan agama kepada orang yang Allah kehendaki kebaikan padanya. Maka tanda orang yang tidak dikehendaki kebaikan adalah ketika dia tidak paham agama. Kebaikan dunia dan akhirat akan bisa diperoleh bagi orang yang paham agama.

Selain itu beliau juga membawakan hadits tentang keutamaan ilmu, bahwa orang yang meniti suatu jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) bahwa Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Yang dimaksud menempuh jalan itu adalah mencakup meniti jalan secara hakiki dengan cara berjalan untuk mendatangi majelis para ulama. Selain itu yang dimaksud menempuh jalan itu juga mengandung makna menempuh cara-cara secara maknawi yang bisa memudahkan dalam mendapatkan ilmu yaitu seperti dengan menghafalkan dan mempelajarinya.

Untuk menyimak lebih lengkap nasihat beliau silahkan unduh rekaman kajian ini melalui tautan di bawah ini. Semoga Allah berikan balasan terbaik bagi Ustaz dan juga segenap panitia kegiatan Ma’had al-Mubarok dan pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya program ini.

Unduh rekaman dari sini [klik]

# Keterangan : Kajian ini direkam pada tgl. 13 Oktober 2014

—– 

 

 

 


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Prioritas Dakwah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI