al-Mubarok

Wabah Gila Popularitas

oleh : Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah

Syaikh berkata :

قال الحسن رحمه الله: ((إنْ كان الرجلُ ليكون فقيهًا جالسًا مع القوم فيرى بعضُ القومِ أنَّ به عِيًّا وما به من عيٍّ إلا كراهيةَ أن يشتهر)). الزهد لأحمد بن حنبل (1455).
وإن كان الرجل ليكون جاهلًا جالسًا مع القوم فيتكلم بلا علم وما به من رغبة إلا أن يشتهر.

al-Hasan rahimahullah berkata :

“Sungguh dahulu ada seorang fakih/ahli agama yang duduk memberikan faidah kepada suatu kaum lalu sebagian orang itu melihat bahwa pada diri si fakih sepertinya ada penyakit/dia menderita suatu penyakit. Padahal sesungguhnya dia tidaklah sakit atau mengidap penyakit kecuali dia tidak suka untuk menjdi populer.” (az-Zuhd karya Ahmad bin Hanbal, 1455)

Dan sungguh kita bisa melihat ada seorang yang jahil/tidak berilmu lalu memberikan ceramah kepada suatu kaum sembari membicarakan sesuatu perkara tanpa ilmu, dan tidaklah dia memiliki keinginan/kesenangan apa pun kecuali dia adalah orang yang sangat suka untuk menjadi tenar/populer.

Sumber : http://al-badr.net/muqolat/3029

15712.imgcache

Keterangan Gambar : ‘Cinta Ketinggian akan Mematahkan Punggung’ [Syaikh al-Albani] maknanya ‘orang yang gila popularitas akan menghancurkan dirinya sendiri’. Allahu wa’lam.


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Agustus 2022
    S S R K J S M
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net