al-Mubarok

Rekrutmen Pengurus FORSIM

 

1274784666soude

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, berikut ini kami sampaikan info rekrutmen untuk kepengurusan Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) untuk periode tahun 1436 -1437 H / 2015 – 2016. Mudah-mudahan bisa menjadi sarana bagi kita untuk tolong-menolong dalam kebaikan dan takwa.

Gambaran Umum :

FORSIM adalah lembaga dakwah ekstra kampus yang dikelola oleh mahasiswa dan alumni dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta. Diantara mahasiswa dan alumni yang telah terlibat dalam kegiatan FORSIM antara lain dari UGM (Universitas Gadjah Mada), UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan rekan-rekan pemuda muslim yang lainnya.

Kegiatan Dakwah :

FORSIM menyelanggaran kegiatan belajar mengajar dalam program Ma’had Al-Mubarok yang menyajikan kajian keislaman dan bahasa arab di area sekitar kampus UMY. Kegiatan biasa diadakan di masjid-masjid sekitar kampus dan bersifat terbuka untuk umum, putra dan putri. Alhamdulillah, kegiatan ini diikuti bukan hanya oleh mahasiswa akan tetapi juga para alumni bahkan bapak-bapak pensiunan.

Pos Kegiatan Utama :

Diantara kegiatan pokok FORSIM adalah mengelola program Ma’had Al-Mubarok. Program ini berisi rangkaian kajian diniyah dan bahasa arab untuk masyarakat umum dan diadakan di waktu-waktu libur atau di luar jadwal kuliah dan jam kerja. Untuk mengelola kegiatan ini dibutuhkan personel panitia pelaksana dan juga pengawas/pembimbing. Selain itu, FORSIM juga merintis kegiatan pengajian rutin untuk warga di dusun Ngebel; dan hal ini telah banyak dibantu oleh remaja dan pemuda muslim sekitar.

Masa Kepengurusan :

Kepengurusan FORSIM yang selama ini berjalan sudah hampir menginjak usia dua tahun dan belum mengalami regenerasi kepengurusan. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan adanya regenerasi dan peralihan kepanitiaan terutama untuk program Ma’had Al-Mubarok. Hal ini mengingat kebanyakan pengurus sudah berada di akhir masa kuliah dan bahkan sudah ada yang lulus.

Untuk ke depan kami akan berusaha untuk menjalankan proses kaderisasi dan regenerasi kepengurusan secara rutin setiap tahunnya. Untuk rekrutmen ini insya Allah kepengurusan baru bisa mulai aktif secara bertahap pada periode semester 2 yaitu sekitar bulan Februari 2015 atau sekitar 1 bulan ke depan.

Kriteria Calon Pengurus :

Berikut ini sebagian kriteria calon pengurus yang dibutuhkan :
1. Muslim
2. Punya semangat kuat untuk menimba ilmu dan berdakwah
3. Siap bekerjasama dalam tim
4. Mahasiswa aktif (tidak harus)

Susunan Kepengurusan :

Adapun susunan kepengurusan Ma’had Al-Mubarok adalah sebagai berikut :
– Penanggung Jawab (Ketua FORSIM) : Jumlah 1 Orang
– Ketua Pelaksana (Mudir Ma’had) : Jumlah 1 Orang
– Sekretaris : Jumlah 1 Orang
– Bendahara dan Konsumsi : Jumlah 1 Orang
– Akademik dan Kesantrian : Jumlah 1 Orang
– Perlengkapan dan Dokumentasi : Jumlah 1 Orang
– Humas dan Perijinan : Jumlah 1 Orang
– Website dan Media Sosial : Jumlah 1 Orang
– Koordinator Pengurus Akhwat : Jumlah 1 Orang

NB : Pengurus lama yang masih bisa diharapkan ikut bergabung dalam tim ini

Tahap Rekrutmen :

Untuk proses rekrutmen ini maka kami menerapkan sistem penjaringan semi-terbuka. Artinya siapa saja bisa mendaftar asalkan memenuhi kriteria dan punya keinginan kuat untuk membantu kegiatan dakwah dan pendidikan dalam program Ma’had Al-Mubarok. Oleh sebab itu bagi yang berminat bisa langsung menemui pengurus atau mengirimkan sms kepada kami ke nomor : 0857 3366 5151 (Adi) dengan format : daftar pengurus, nama, alamat, kampus, jurusan, angkatan, minat atau keahlian yang dimiliki.

Setelah itu, kami akan mengundang rekan-rekan yang sudah mendaftarkan diri atau mendapatkan rekomendasi dari pengurus dalam acara sosialiasi program dan penjelasan tugas-tugas kepengurusan. Insya Allah sosialiasi ini akan kami adakan dalam forum khusus di sekitar pertengahan bulan Januari 2015 atau di akhir masa ujian kampus. Secara prinsip rekrutmen ini berlaku untuk pengurus ikhwan dan akhwat. Adapun untuk kepengurusan akhwat ada jalur khusus dan info tersendiri.

Fasilitas dan Kemudahan :

Bagi rekan-rekan yang ikut dalam kepengurusan maka bisa mengikuti kegiatan bahasa arab dan ma’had secara gratis, dan apabila berminat bisa membuat kelas khusus pengurus untuk bahasa arab dan baca kitab secara rutin. Hal ini juga berfungsi untuk menambah kemampuan ilmu alat agar bisa lebih memahami ilmu-ilmu Islam yang lainnya. Selain itu dengan adanya kelas khusus ini diharapkan ke depan bisa menjadi wadah kaderisasi pengajar bahasa arab dari kalangan mahasiswa/alumni.

Kami tunggu partisipasi anda, semoga Allah memudahkan langkah kita dalam kebaikan. Jazakumullahu khairan atas perhatian antum sekalian.

10425476_1590346074517648_7181355556619012070_n


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Agustus 2022
    S S R K J S M
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net