al-Mubarok

Niat Puasa Ramadhan

37990.gif

oleh : Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullah

Suatu saat, Syaikh ditanya :

هل تجب نية صيام رمضان أم يكفي نية صيام الشهر كله واحدة ؟ ومتى ذلك ؟

Apakah wajib niat puasa Ramadhan itu -dilakukan setiap hari, pent-, ataukah cukup berniat puasa untuk sebulan penuh dengan sekali niat di awal? Dan kapankah berniatnya?

Beliau menjawab :

النبي – صلى الله عليه وعلى آله وسلم – يقول : ” إنما الأعمال بالنيات ، وإنما لكل امرئ ما نوى ” . هذا دليل على أنه لا بد من النية في الأعمال

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setiap amal itu dinilai dengan niatnya. Dan setiap orang yang beramal akan dibalas sesuai dengan apa yang dia niatkan.” Ini adalah dalil yang menunjukkan wajibnya berniat dalam seluruh amal yang hendak dilakukan.

فالذي يظهر أن ينوي الشخص في كل يوم ، وليس معناه يقول : نويت أن أصوم يوم كذا وكذا من رمضان ، ولكن النية القصد ، فقيامك للسحور يعتبر نية ، وإمساكك عن الطعام والشراب يعتبر نية .

Maka yang lebih tampak kuat -bagi kami- adalah setiap orang wajib berniat di setiap hari. Namun itu bukanlah berarti dia mengucapkan ‘nawaitu an ashuma yauma kadza wa kadza’; saya berniat untuk puasa pada hari ini dan itu di bulan Ramadhan. Akan tetapi yang dimaksud niat itu adalah keinginan/maksud dan kesengajaan. Sehingga ketika anda bangun untuk makan sahur ini pun sudah dianggap niat. Ketika anda menyengaja menahan makan dan minum, ini pun sudah termasuk niat.

وأما حديث : ” من لم يبيت الصوم فلا صوم له ” فإنه حديث ضعيف مضطرب وإن حسنه بعض العلماء ، فالصحيح فيه الاضطراب .

Adapun hadits ‘barangsiapa yang tidak meniatkan puasa sejak malam maka tiada puasa baginya’ ini adalah hadits yang lemah dan mudhthorrib/goncang, meskipun hadits ini dinilai hasan oleh sebagian ulama. Akan tetapi pendapat yang benar/lebih kuat adalah hadits ini mengandung kegoncangan/idhthirrab.

Sumber : http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3321

Keterangan Gambar : Hadits berisi keutamaan puasa, yaitu disediakan pintu ar-Rayyan di surga untuk mereka yang berpuasa.


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)

    Kalender

    Agustus 2022
    S S R K J S M
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

      Jalan Menuju Surga

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu (agama) maka dengan sebab hal itu Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

      Tentang Kami

      Alamat sekretariat : Wisma al-Mubarok 1, Ngebel RT 07, barat Unires Putri UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

      Telp/wa : 0853 3634 3030.

      Alamat e-mail : yapadijogja@gmail.com

      Mau E-Book?

      wallup.net