al-Mubarok

Belajar Kitab Tauhid

Bismillah.

Salah satu kitab yang sangat penting dipelajari bagi penimba ilmu adalah Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Di dalam kitab ini dijelaskan perkara yang paling mendasar di dalam Islam yaitu aqidah tauhid. Bagaimana cara untuk mewujudkan ibadah kepada Allah dan menjauhi syirik.

Alhamdulillah, dengan taufik dari Allah Perpustakaan al-Mubarok masih membuka pelajaran Kitab Tauhid dengan membaca kitab syarah/penjelasan dari para ulama. Diantaranya adalah :

Kitab at-Tamhid li Syarh Kitab at-Tauhid karya Syaikh Shalih alu Syaikh hafizhahullah. Pelajaran kitab ini diadakan setiap Jum’at dan Sabtu pagi sekitar Pkl. 05.45 WIB – selesai di Wisma al-Mubarok 1. Sampai tulisan ini disusun pelajaran baru masuk pembahasan bab keutamaan tauhid.

Selain itu, ada juga kitab Ibthal at-Tandid bi Ikhtishar Syarh Kitab Tauhid karya Syaikh Hamad bin Atiq rahimahullah. Kitab ini merupakan ringkasan syarah kitab tauhid dan penulisnya adalah murid dari Syaikh Abdurrahman bin Hasan rahimahullah penulis kitab Fathul Majid. Pelajaran diadakan sepekan sekali pada hari Ahad sore Pkl. 16.00 WIB – selesai juga di Wisma al-Mubarok 1.Sampai tulisan ini diisusun pelajaran baru sampai pembahasan bab perlindungan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap perkara tauhid.

Ada pula kitab Mulakhosh fi Syarh Kitab at-Tauhid karya Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah. Kitab ini sangat bagus bagi kita yang ingin menarik kesimpulan dan faidah-faidah dari dalil yang dibawakan oleh penulis Kitab Tauhid. Pelajaran diadakan 2 kali dalam sepekan setiap Senin siang Pkl. 13.00 WIB – selesai dan Jum’at pagi Pkl. 08.00 WIB – selesai. Ada juga kelas sepekan sekali setiap Kamis pagi Pkl. 08.00 WIB – selesai.

Demikian sedikit penjelasan dan laporan semoga bisa menjadi pengingat dan juga dorongan bagi kita untuk terus belajar dan berupaya memperbaiki diri. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Senin 26 Syawwal 1442 H

Perpustakaan al-Mubarok


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Ikut Beramal Yuk!

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI

    Nasihat Ulama

    Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Dzikir bagi hati laksana air bagi ikan. Lantas bagaimana keadaan seekor ikan apabila memisahkan dirinya dari air?” (al-Wabil ash-Shayyib)