al-Mubarok

Sekedar Usulan

Bismillah.

Tidaklah samar tentang pentingnya tauhid dalam agama Islam. Masjid sebagai pusat ibadah dan dakwah di tengah masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam menyebarkan nilai-nilai keimanan terutama tauhid dan aqidah Islam.

Forum Ketakmiran adalah sebuah forum atau wadah kerjasama bagi para takmir masjid secara khusus dan pengurus kegiatan masjid secara umum di sekitar Yogyakarta. Forum ini dijalankan dengan berusaha untuk mengikuti jalan/manhaj para sahabat radhiyallahu’anhum.

Alhamdulillah dengan taufik dari Allah, forum ini pernah mengadakan kajian akbar di Masjid Pogung Dalangan (MPD) – Yogyakarta dengan tema pemakmuran masjid bersama para pembina kegiatan dakwah Sunnah di Yogyakarta, antara lain : Ustaz Afifi Abdul Wadud, B.A., Ustaz Burhanudin Hartono, M.Pd.I, dan Ustaz Zaid Susanto, Lc. hafizhahumullah.

Perubahan masyarakat menuju kebaikan adalah sebuah proyek besar yang menjadi tugas para pegiat dakwah dan pejuang aqidah. Oleh sebab itu penting kiranya untuk kembali memberikan motivasi dan siraman semangat bagi para pegiat dakwah masjid di tengah masyarakat untuk kembali menyuburkan masjid dengan majelis-majelis ilmu dan penyebaran dakwah tauhid.  

Materi tauhid merupakan materi yang paling penting dan paling mendasar untuk dipahami oleh setiap muslim. Sehingga menjadi tugas para pengurus masjid untuk bisa memahami ilmu tauhid ini dari dasar dengan bimbingan para ahli agama. Sebagaimana hal itu pun menjadi kewajiban setiap muslim dan muslimah. Sebab tauhid inilah misi utama dakwah para nabi dan rasul.

Bulan Dzulhijjah dan hari raya Idul Adha merupakan momen yang sangat tepat untuk kembali mengingatkan masyarakat tentang pentingnya tauhid. Sebab ibadah kurban yang itu menjadi syi’ar Islam merupakan perwujudan ajaran tauhid yang telah diwariskan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam kepada umat ini. Sebagaimana kita ketahui di tengah masyarakat masih saja ada persembahan berupa sembelihan atau yang lainnya untuk selain Allah. Dan yang lebih memprihatinkan bahwa yang melakukannya rata-rata mengklaim dirinya muslim. Padahal memberikan sembelihan/kurban kepada selain Allah merupakan syirik yang mengeluarkan pelakunya dari agama.

Dengan latar belakang itulah kami mengusulkan sebuah program semacam daurah/kajian intensif untuk para takmir masjid, imam, khotib, mu’adzin, pengurus pengajian ibu-ibu, remaja masjid, dan pembina/pengajar kegiatan TPA.

Berikut ini usulan materi untuk acara daurah tersebut :

– Kedudukan Aqidah di dalam Islam

– Makna Dua Kalimat Syahadat

– Merealisasikan Tauhid dalam Kehidupan  

– Takut Terjerumus dalam Syirik

Demikian sedikit masukan dan saran, semoga bermanfaat. Tanggapan dan saran bisa dikirimkan kepada kami via no : 0853 3634 3030 (sms/wa). 

Wallahu a’lam. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Wisma Muslim al-Mubarok

Yogyakarta, Dzulqa’dah 1440 H

Penyusun : Redaksi al-mubarok.com 


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Sambut Ramadhan

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI