Membangun Karakter Generasi Muda

Bismillah.

Alhamdulillah dengan taufik dari Allah, kemudian dengan bantuan dari para muhsinin dan rekan-rekan mahasiswa dan alumni UMY dalam beberapa tahun ini telah berjalan program Wisma Muslim al-Mubarok yang menggerakkan kegiatan majelis illmu dan dakwah.

Pada mulanya Wisma al-Mubarok merupakan program yang dirintis oleh seorang donatur -semoga Allah membalas beliau dengan sebaik-baik balasan- yang telah bersusah payah untuk mencari dan membeli sebuah rumah di dusun Ngebel – sebelah selatan Kampus UMY dan kemudian pada akhirnya dijadikan sebagai Wisma al-Mubarok 1.

Kemudian, beberapa waktu setelah itu beliau juga mempercayakan sebuah rumah yang telah dibeli oleh keluarganya untuk dikelola dan sekarang menjadi Wisma al-Mubarok 2. Tidak lama setelah itu saudara beliau yang lain juga ikut mempercayakan pengelolaan sebuah rumah yang dibeli di dekat Wisma 2 untuk dijadikan sebagai Wisma al-Mubarok 3.

Seiring bertambahnya kebutuhan tempat tinggal bagi rekan-rekan mahasiswa alhamdulillah kembali bertambah kerjasama dengan keluarga dari salah seorang ikhwan alumni UMY -semoga Allah membalas beliau dengan sebaik-baik balasan- untuk membentuk Wisma al-Mubarok 4. Apabila ditotal daya tampung wisma 1 – 4 kurang lebih bisa menampung sekitar 20 orang ikhwan. Sebagian besar warga wisma adalah mahasiswa UMY dan mahasiswa Ma’had ‘Ali bin Abi Thalib UMY.

Keberadaan rekan-rekan mahasiswa UMY dan warga Wisma al-Mubarok dan Wisma Shofiyyah -wisma khusus muslimah yang dikelola oleh salah satu alumni UMY tersebut- dengan dukungan mahasiswa dari kampus lain semacam dari UGM, Mercu Buana, UNISA dan IST Akprind -setelah taufik dari Allah- memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan kegiatan Wisma al-Mubarok.

Wisma al-Mubarok tidak hanya menampung teman-teman yang belajar di Ma’had al-Mubarok tetapi juga menjadi markas untuk berkumpul panitia kajian dan pengurus kegiatan dakwah. Seiring berjalannya waktu Allah berikan taufik kepada pengurus untuk membentuk Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) yang menaungi kegiatan-kegiatan dakwah Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) yang selama ini menjadi sarana untuk mengelola kegiatan Wisma dan Ma’had.

Selain menggerakkan kegiatan dakwah, Wisma al-Mubarok juga menjadi tempat belajar bahasa arab dan baca kitab. Di Wisma al-Mubarok 1 sudah terdapat kamar khusus yang digunakan untuk sekertariat sekaligus perpustakaan dan tempat belajar. Di dalam ruangan ini terdapat fasilitas laptop dan printer yang itu merupakan sumbangan dari para dermawan, semoga Allah membalas mereka dengan sebaik-baik balasan. Di dalam ruangan ini juga terdapat koleksi kitab-kitab para ulama dalam bidang tafsir, aqidah, hadits, fikih, akhlak, dan yang lainnya. Segala puji bagi Allah…

Pada tahun ini insya Allah panitia program Wisma al-Mubarok akan membuka penerimaan warga baru dengan rancangan program yang diperbaiki. Alhamudillah melalui musyawarah panitia telah ditetapkan kebijakan untuk mencari/menunjuk musyrif dan asisten musyrif program Wisma. Tugas musyrif adalah mengawasi dan mengelola kegiatan wisma agar bisa menanamkan nilai-nilai diniyah bagi warga wisma. Adapun tugas asisten musyrif adalah mendampingi musyrif dan mengatur kegiatan wisma secara teknis agar bisa berjalan dengan baik dan tertata-rapi.        

Pada tahun ajaran baru ini insya Allah panitia program Wisma Muslim al-Mubarok akan membersamai rekan-rekan mahasiswa dalam berbagai program tarbiyah dan dakwah, antara lain :

– Kajian Rutin Aqidah Islam di Masjid Jami’ al-Mubarok tiap Rabu malam

– Mengurus Pengajian Rutin malam Jum’at di Masjid Jami’ al-Mubarok

– Kerja Bakti Kebersihan Masjid tiap hari Jum’at Pagi di masjid-masjid sekitar Kampus UMY

– Penyebaran Buletin at-Tauhid di masjid-masjid sekitar Kampus UMY

– Kajian Ma’had al-Mubarok tiap Sabtu dan Ahad

– Setoran Hafalan Qur’an, Hadits dan Doa-doa Harian

– Kajian Umum untuk Warga Wisma tiap Bulan bersama Pembina YAPADI

– Pelajaran Bahasa Arab Dasar dan Baca Kitab untuk warga Wisma

Untuk menunjang terlaksananya program-program ini pengurus bermaksud membuka kesempatan bagi para muhsinin yang ingin membantu kegiatan dakwah dan tarbiyah di Wisma al-Mubarok untuk ikut serta bersama-sama membangun karakter generasi muda agar sesuai dengan ajaran Islam yang murni. Selain itu, pengurus juga berusaha untuk mengumpulkan dana dari segenap warga wisma untuk ikut meringankan pembiayaan program pendidikan ini.

Kebutuhan dana rutin operasional program yang paling pokok adalah untuk memberikan semacam mukafa’ah bagi musyrif dan asistennya yang bertugas untuk mengelola dan membimbing kegiatan warga wisma al-Mubarok 1 – 4 yang totalnya kurang lebih 20 orang. Dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.12.000.000,- untuk 1 tahun. Insya Allah dari warga atau santri juga akan dikumpulkan iuran masing-masing sebesar Rp.100.000,-. Sehingga dari 20 an santri akan bisa terkumpul dana insya Allah sekitar Rp.2.000.000,-. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kebutuhan dana untuk anggaran operasional program wisma masih kurang sebesar Rp.10.000.000,-

Pada kesempatan yang sangat berharga ini, kami membuka kesempatan bagi para dermawan yang ingin mendukung kelancaran program ini untuk menyalurkan bantuan melalui :

Rekening Bank Syariah Mandiri (BSM)

No. 711 819 4537 atas nama : Yayasan Pangeran Diponegoro

Konfirmasi donasi ke nomor : 0853 3634 3030 (sms/wa)

Format Konfirmasi : nama, donasi wisma mubarok, jumlah, tanggal transfer

Dalam kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan doa semoga Allah berikan balasan terbaik bagi Bp. dr. Desin Pambudi Sejahtera, M.Sc. Sp.S. yang telah bersedia membimbing rekan-rekan mahasiswa dalam kegiatan dakwah Yayasan Pangeran Diponegoro. Begitu juga kepada Ustaz dr. M. Arifuddin, Sp.OT yang telah memberikan dukungan dan arahan bagi teman-teman wisma dan ketakmiran Masjid Jami’ al-Mubarok. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada segenap pembina dan asatidz yang telah meluangkan waktunya untuk mengarahkan dan memberikan faidah ilmu dan nasehat kepada santri Ma’had al-Mubarok dan warga Wisma al-Mubarok maupun jama’ah Masjid Jami’ al-Mubarok. Semoga Allah memberikan balasan terbaik bagi mereka semuanya, jazahumullahu khairan. Sebab tidaklah bersyukur kepada Allah dengan baik orang yang tidak bisa berterima kasih kepada sesama manusia.

Rasa terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya juga kami haturkan kepada segenap donatur dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah membantu proses wakaf dan pembebasan tanah untuk pembangunan Masjid Jami’ al-Mubarok lantai pertama dan fasilitas-fasilitas lain yang mendukungnya. Terlebih khusus lagi kepada seorang donatur dari Jakarta yang telah menyalurkan donasinya sebesar Rp.500.000.000,- untuk keperluan pembangunan masjid lantai pertama dan juga menyalurkan donasi kegiatan Ramadhan dalam jumlah besar. Rasa terima kasih dan penghargaan juga kami tujukan kepada segenap warga Donotirto dan sekitarnya yang telah mendukung dan membantu kegiatan dakwah dan ibadah di Masjid Jami’ al-Mubarok. Semoga Allah memberikan kepada mereka balasan terbaik sebanyak-banyaknya, jazahumullahu khairan katsiira

Kami menyadari bahwa kemampuan kami dalam memberikan pelaporan kegiatan sangat kurang dan masih banyak kekurangan dalam mengembangkan kegiatan dakwah ini baik secara fisik, finansial maupun sosial keagamaan. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah. Oleh sebab itu kami memohon maaf kepada segenap donatur yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu namanya dan mungkin masih belum bisa mendapatkan laporan rinci beserta dokumentasi lengkap kegiatan yang sudah berjalan selama ini sebagaimana yang diharapkan oleh yang bersangkutan.  

Semoga gambaran dan catatan singkat ini bisa mewakili permohonan maaf kami. Tegur sapa serta nasehat dari segenap muhsinin sangat kami harapkan. Jazakumullahu khairan… Segala puji bagi Allah atas segala nikmat, hidayah dan taufik-Nya kepada kami dan anda semua…


admin

No description.Please update your profile.

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel