Perkembangan Donasi Graha al-Mubarok

Pengantar

Dakwah mengajak manusia menuju agama Allah tugas yang sangat mulia. Setiap rasul Allah utus untuk mengajak manusia menghamba kepada Allah dan menjauhi syirik kepada-Nya. Demikianlah jalan hidup nabi dan para pengikutnya; mengajak kepada tauhid dan pemurnian ibadah kepada Allah.

Alhamdulillah dengan taufik dari Allah kemudian bantuan dari para muhsinin/donatur Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) yang menaungi program Ma’had al-Mubarok telah membangun Masjid Jami’ al-Mubarok Yapadi (Graha al-Mubarok) di Dusun Donotirto – sekitar 2 km barat daya Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Masjid ini dibangun di atas tanah wakaf asal seluas 400 m2 dan diperluas dengan tambahan pembebasan tanah untuk masjid seluas 704 m2. Dengan demikian total luas tanah masjid adalah 1104 m2. Alhamdulillah proses wakaf tanah yang pertama sudah selesai dan masih menyisakan proses pembebasan lahan perluasan 704 m2.

Untuk menyelesaikan proses pembebasan tanah ini dibutuhkan dana sebesar Rp.704.000.000,- (harga tanah Rp.1 Juta/m) dan alhamdulillah sudah dibayarkan sebesar Rp.292.000.000,-. Oleh sebab itu dibutuhkan donasi untuk melunasi sebesar Rp.412.000.000,-. Sampai publikasi ini kami susun alhamdulillah sudah terkumpul donasi tambahan sebesar Rp.112.000.000,- sehingga kekurangan donasi untuk pelunasan sebesar Rp.300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah).

Selain itu, perlu diketahui bahwa masjid yang telah dibangun baru lantai satu –dari dua lantai yang direncanakan- dengan fasilitas pendukung berupa kamar mandi dan tempat wudhu putra. Alhamdulillah donatur juga melengkapi pembangunan masjid ini dengan paving block di sekeliling masjid. Sebelum itu alhamdulillah panitia juga telah menyalurkan donasi untuk pembangunan sumur bor dan pembuatan bak tampungan air bersih untuk masjid tersebut. Beberapa waktu sebelum itu alhamdulillah panitia juga melakukan pengerasan jalan menuju lokasi tanah wakaf masjid, kegiatan bakti sosial, dan pembagian zakat maal untuk masyarakat Donotirto dan sekitarnya.

Pada bulan Dzulhijjah yang lalu alhamdulillah telah diadakan program penyembelihan kurban perdana untuk warga masyarakat sekitar Masjid Jami’ al-Mubarok. Jumlah kurban sapi ada 3 ekor dan kambing sebanyak 17 ekor dengan tambahan bantuan daging kurban dari beberapa masjid lain di Yogyakarta. Selain itu telah dilakukan beberapa kali pengajian umum di Masjid Jami’ al-Mubarok dengan menghadirkan pembicara antara lain; Ust. Abul Hasan Ahmad Mz, Ust. Burhan, dan Ust. Abu Salman. Sampai publikasi ini disusun juga Alhamdulillah telah dilaksanakan Jumatan sebanyak 2 kali dengan khotib dan imam yaitu : dr. Desin Pambudi, Sp.S dan dr. M. Arifuddin, Sp.OT.

Yayasan Pangeran Diponegoro berada di bawah bimbingan dan nasihat para ustaz di Yogyakarta, diantaranya : Ust. Afifi Abdul Wadud, B.A., Ust. M. Romelan, Lc. M.A., Ust. Ahmad Mz, S.S., Ust. Burhanudin Hartono, M.Pd.I, Ust. dr. M. Arifuddin, Sp.OT, dan Bp. Kresnadjati, S.H. Alhamdulillah kegiatan dakwah telah dijalankan sejak tahun 2013 dengan program utama kajian Ma’had al-Mubarok yang dikelola oleh Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) dan Wisma Muslim al-Mubarok.

Untuk menyelesaikan proses pembangunan komplek Graha al-Mubarok Yogyakarta ini panitia masih membutuhkan donasi untuk melanjutkan pembangunan masjid lantai dua, kamar mandi dan tempat wudhu putri, rumah dinas pengajar, ruang kelas untuk tahfizh al-Qur’an dan TPA, dapur, dan tempat parkir. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid lantai dua sebesar Rp.500.000.000,- dan biaya untuk membangun bangunan fisik lainnya sebesar Rp.300.000.000,-.

Dengan demikian total donasi tambahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan Graha al-Mubarok dan pembebasan tanah adalah sebesar Rp.1.100.000.000,- (satu milyar seratus juta rupiah). Dalam mengelola kegiatan di masjid ini takmir bekerjasama dengan para ustaz dan da’i dari berbagai lembaga dakwah, diantaranya dari : Islamic Center Baitul Muhsinin (ICBM) Medari, Forum Da’i Masyarakat Jogja (FDMJ), Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari, Yayasan Islam Abdurrahman bin Auf, Yayasan Imam Syafi’i Yogyakarta, Ponpes Yaumi Godean, Yayasan Bimbingan Islam, Ponpes Hamalatul Qur’an, Ma’had Ibnu Katsir, Majelis Tabligh Muhammadiyah, dll.

# Rekening Donasi :

Berikut ini rekening donasi untuk menyalurkan bantuan/wakaf anda :

Bank Syariah Mandiri (BSM)

No. 710 206 3737

Atas nama : Yayasan Pangeran Diponegoro

Konfirmasi ke no : 0853 3634 3030 (sms/wa)

Format Konfirmasi : Pembangunan masjid/wakaf tanah, nama, jumlah, tanggal transfer

Contoh : Wakaf tanah, Abdullah, 10 juta, 1 Okt 2018

Update perkembangan donasi bisa dilihat di website : www.al-mubarok.com.

Ayo kita dukung pembangunan pusat dakwah ini! Masa depan negeri ini membutuhkan generasi penerus perjuangan dakwah dan para pemimpin yang kuat iman dan takwanya. Keberadaan pusat-pusat dakwah Sunnah adalah pintu kebaikan dan jalan menuju kemajuan. Ingatlah! Jika kalian menolong agama Allah niscaya Allah akan menolong kalian dan meneguhkan kaki-kaki kalian…

Semoga Allah berikan taufik kepada kita untuk membantu dakwah Sunnah ini dengan apa yang Allah telah berikan kepada kita berupa nikmat harta, waktu, tenaga, kedudukan, dsb. Semoga salawat dan salam tercurah kepada nabi kita Muhammad, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka. Dan segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam.

Yogyakarta, Muharram 1440 H

Panitia Pembangunan Graha al-Mubarok

Yayasan Pangeran Diponegoro

 

Website : www.al-mubarok.com

Kontak Informasi : 0853 3634 3030

e-mail : yapadijogja[at]gmail[dot]com


admin

No description.Please update your profile.

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel