Cerita Hasil Konsultasi (Yuk, Berkorban!)

Bismillah. 

Alhamdulillah pada hari Senin, 17 Dzulqa’dah 1439 H atau bertepatan dengan 30 Juli 2018 pukul 20.10 – 22.20 WIB telah diadakan forum konsultasi antara beberapa pengurus Yayasan Pangeran Dipoengoro (YAPADI) dengan beberapa pembina di kediaman Ustaz Afifi Abdul Wadud hafizhahullah di Kampoeng Santri Jamilurrahman Bantul Yogyakarta.

Diantara pembina yang hadir adalah : Ust. Afifi, Ust. Romelan, Ust. Ahmad, dan Ust. Abu Adam hafizhahumullah. Di dalam acara ini telah dilaporkan oleh Mas Bayu hafizhahullah -selaku bendahara- mengenai kondisi keuangan dan donasi program pembangunan Masjid Graha al-Mubarok. 

Poin utama dari laporan ini diantaranya adalah donasi yang sudah masuk untuk pembangunan masjid kurang lebih sebesar Rp.1 M dan telah disalurkan sebagian besar untuk pembangunan masjid lantai 1 beserta kamar mandi dan tempat wudhu putra oleh tim Pak Larno hafizhahumullah dan untuk pembebasan tanah masjid. Dalam hal ini panitia masih memiliki hutang kepada pemilik tanah sebesar Rp.412 Juta dan diharapkan untuk segera dilunasi sebelum masuk tahun 2019. Sementara donasi yang masih tersisa kurang lebih Rp.140 Juta. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa untuk bisa melunasi pembebasan tanah tersebut panitia masih kekurangan donasi sebesar kurang lebih Rp. 270 Juta. 

Setelah itu disampaikan laporan hasil pembangunan oleh Mas Yudha hafizhahullah -selaku sekertaris yayasan-. Inti dari laporan ini adalah beberapa kegiatan pembangunan yang telah dilakukan sebelum dimulainya pembangunan masjid semacam pengerasan jalan, pembuatan sumur bor, dan pembangunan masjid dan tempat wudhu serta kamar mandi.

Beliau juga menyampaikan bahwa dari pihak donatur pembangunan masjid -Bp. Arry hafizhahullah– menambah donasinya untuk memasang konblok/paving di sekeliling masjd selebar 3 m dan sudah mulai dikerjakan oleh tim Pak Larno hafizhahumullah. Berdasarkan informasi yang masuk insya Alah pemasangan konblok ini akan selesai pada hari jum’at pekan ini. Sebelum bantuan konblok/paving ini donatur juga telah menyalurkan tambahan donasi untuk pengadaan karpet Masjid Graha al-Mubarok untuk shof pertama dan imam. Semoga Allah berikan balasan terbaik kepada para donatur dan menjadikan amal-amal mereka sebagai pemberat timbangan kelak di hari akhirat

Dalam program pembangunan masjid ini panitia juga sangat berterima kasih kepada seorang Ustaz –hafizhahullah– yang telah membantu dan memberikan banyak sekali masukan dan nasihat sehingga tersalurnya donasi pembangunan masjid tersebut, semoga Allah menjaga beliau dan melimpahkan berkah kepada umur, ilmu, dan keluarganya.

Selain itu -di dalam forum tersebut- juga dilaporkan bahwa pengurusan IMB insya Allah akan jadi pada tanggal 7 Agustus 2018 dan dengan begitu panitia diharapkan segera membuat agenda peresmian masjid. Insya Allah peresmian masjid sekaligus pengajian dan acara makan-makan bersama warga sekitar (3 RT) akan diadakan pada hari Ahad, 14 Dzulhijjah 1439 H / 26 Agustus 2018. Acara ini diagendakan setelah even penyembelihan qurban yang insya Allah diadakan pada tanggal 22 Agustus 2018 (mengikuti keputusan pemerintah). Sampai laporan ini kami susun panitia kurban sudah mulai menyebarkan info donasi qurban kepada para muhsinin, baik dengan proposal maupun melalui media sosial. 

Rencananya panitia akan menyalurkan bantuan hewan kurban berupa sapi minimal 2 ekor dan kambing minimal juga 2 ekor. Hal ini mengingat jumlah warga yang ada di sekitar masjid kurang lebih ada 200 KK. Sampai saat ini belum ada konfirmasi donasi qurban yang masuk. Oleh sebab itu ini kesempatan bagi siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi. Perlu diketahui bahwa di desa/dusun ini belum pernah ada kurban kecuali hanya sekedar iuran per kepala keluarga (latihan kurban). dengan demikian keberadaan masjid yang baru ini diharapkan bisa membawa semangat berkurban bagi kaum muslimin di daerah tersebut dan membuka pintu kebaikan bagi para muhsinin.

Ingin membantu program qurban di Masjid Graha al-Mubarok? Berikut ini informasi donasi qurban 1439 H yang insya Allah akan diadakan di sana. 

# Harga Sapi : Rp.20 Juta/ekor (berat hidup kurang lebih 350 kg). Iuran Sohibul Qurban : Rp.3 Juta (sudah termasuk biaya penyembelihan)
# Harga Kambing : Rp.2.500.000,- (berat hidup kurang lebih 40 kg)

Rekening Donasi : Bank Syariah Mandiri (kode : 451)
Nomor : 711 819 4537 atas nama Yayasan Pangeran Diponegoro

# Konfirmasi Donasi ke nomor : 0853 4689 6609 (Ferry*)
Format Konfirmasi : Nama, domisili, qurban, jenis hewan, besar transfer, tanggal ransfer

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

*Mas Ferry hafizhahullah adalah salah satu rekan takmir pelaksana di Masjid Graha al-Mubarok

Penyusun : Redaksi al-mubarok.com –waffaqahullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *