Menjelang Kajian Akbar Forum Ketakmiran

Bismillah.
 
Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam. Salawat dan salam semoga tercurah kepada hamba dan utusan-Nya, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka. Amma ba’du.

Masjid adalah tempat yang paling Allah cintai di muka bumi ini. Di dalam masjid, kaum muslimin melakukan sholat, berdzikir, mengumandangkan adzan, membaca al-Qur’an, membuka majelis ilmu, dan membina masyarakat dengan nilai-nilai Islam. Oleh sebab itu mengelola kegiatan-kegiatan masjid dengan baik dan sesuai sunnah adalah hal yang penting. Seperti yang dikatakan oleh para ulama terdahulu, “Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan tetapi tidak meraihnya.”
 
Banyak orang ingin memakmurkan masjid dan menghidupkan masjid dengan berbagai warna dan suasana. Akan tetapi tidak sedikit yang justru membuat cahaya masjid menjadi redup dan memudar. Dari sana lah bimbingan para ulama dan petunjuk Islam menjadi penting bagi para pegiat masjid dan penggerak kegiatan dakwah. Baiknya pengelolaan masjid tentu akan bisa membawa kepada baiknya pelayanan kepada umat dan perbaikan di tengah masyarakat. Dan itu semua tidak bisa terwujud kecuali dengan taufik dan bantuan dari Allah. 
 
Forum Ketakmiran merupakan sebuah wadah yang menjadi sarana untuk bekerjasama dalam kebaikan dan takwa yang berkaitan dengan kegiatan dakwah dan ibadah serta perbaikan kondisi umat melalui masjid beserta pernak-pernik kegiatan dan programnya. Forum ini bukan sebuah yayasan, organisasi politik, apalagi gerakan bawah tanah. Forum ini sekedar sarana untuk menjalin kerjasama dan pengertian antara berbagai komponen yang menunjang pemakmuran masjid. 
 
Tujuan forum ini adalah memakmurkan masjid-masjid yang ada di sekitar Jogja dengan mengikuti jejak para pendahulu yang salih dari umat ini; yaitu para sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Sebagaimana yang dinasihatkan oleh Imam Malik rahimahullah, “Tidak akan memperbaiki keadaan generasi akhir umat ini kecuali dengan apa-apa yang memperbaiki keadaan generasi awalnya.”
 
Alhamdulillah dalam acara perdana Kajian Forum Ketakmiran nanti -yang insya Allah akan diadakan pada hari Ahad, 5 Agustus 2018 di Masjid Pogung Dalangan Yogyakarta- telah bersedia untuk menjadi pembicara dan pemberi sambutan para ustaz pembina kegiatan dakwah di Jogja, antara lain adalah :
 
– Ustaz Afifi Abdul Wadud, B.A. hafizhahullah
– Ustaz Abu Adam, M.Pd.I. hafizhahullah
– Ustaz Abu Salman, B.I.S. hafizhahullah 
 
Tema yang diangkat untuk kegiatan ini adalah ‘Menjadi Pecinta dan Pemakmur Masjid’. Tema utama ini merupakan masukan dari Ustaz Afifi hafizhahullah dan insya Allah akan beliau sampaikan dalam muhadharah/pengajian pada acara tersebut. Selain itu, panitia juga mengangkat tema umum yaitu ‘Membina Masyarakat dari Masjid’ yang insya Allah akan disampaikan oleh Ustaz Zaid Susanto, Lc. hafizhahullah (dalam konfirmasi).
 
Semoga Allah berikan taufik kepada kita untuk bersama-sama memakmurkan rumah-rumah Allah dengan iman dan amal salih sebagaimana petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Atas perhatiannya kami ucapkan jazakumullahu khairan
 
# Penyusun : Redaksi al-mubarok.com 
 


admin

No description.Please update your profile.

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel