Perintah Untuk Ikhlas Beribadah

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan tidaklah mereka diperintahkan melainkan supaya beribadah kepada Allah dengan mengikhlaskan agama untuk-Nya dengan hanif, dan supaya mereka mendirikan sholat, dan menunaikan zakat. Itulah agama yang lurus.” (al-Bayyinah : 5)
 
Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Banyak diantara ulama semacam az-Zuhri dan asy-Syafi’i yang berdalil dengan ayat yang mulia ini untuk menunjukkan bahwasanya amal termasuk di dalam iman.” (lihat Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, 8/457)
 
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma berkata, “Tidaklah mereka diperintahkan di dalam Taurat dan Injil kecuali supaya memurnikan ibadah kepada Allah dengan penuh ketauhidan.” (disebutkan oleh Imam al-Baghawi rahimahullah dalam tafsirnya Ma’alim at-Tanzil, hal. 1426)
 
Imam asy-Syaukani rahimahullah berkata, “Ayat ini merupakan salah satu dalil yang menunjukkan wajibnya niat dalam amal-amal ibadah, karena sesungguhnya ikhlas adalah termasuk amalan hati.” (lihat Fat-hul Qadir oleh Imam asy-Syaukani, hal. 1644)
 
Imam Ibnul Jauzi rahimahullah menafsirkan ‘memurnikan agama untuk-Nya’ dengan makna, “Yaitu dalam keadaan bertauhid, sehingga mereka tidak beribadah kepada selain-Nya.” (lihat Zaadul Masiir fi ‘Ilmi at-Tafsiir oleh Ibnul Jauzi, hal. 1576) 
 
Syaikh Utsaimin rahimahullah menjelaskan, bahwa dari ayat ini kita bisa memetik pelajaran bahwasanya hakikat tauhid itu adalah keikhlasan kepada Allah tanpa ada sedikit pun kecondongan kepada syirik. Oleh sebab itu barangsiapa yang tidak ikhlas kepada Allah bukanlah orang yang bertauhid. Begitu pula barangsiapa menjadikan ibadahnya dia tujukan kepada selain Allah maka dia juga bukan orang yang bertauhid (lihat Syarh Tsalatsah al-Ushul, hal. 76-77) 
 
# *Info Donasi Program Ma’had al-Mubarok*
 
Alhamdulillah donasi yang sudah masuk per 8 Feb 2018 adalah Rp.6.000.000,- sedangkan kebutuhan anggaran untuk kegiatan selama 1 tahun masih kurang sebesar Rp.25.140.000,-
 
Silahkan salurkan donasi anda melalui rekening : 
BNI Syari’ah (kode bank : 009) no 047 453 0346
Atas nama : Yayasan Pangeran Diponegoro
 
Konfirmasi donasi ke nomor : 0853 4646 5139 (M. Rizki)
 
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para muhsinin yang telah membantu kegiatan dakwah Ma’had al-Mubarok, semoga Allah memberikan balasan terbaik atas bantuan yang diberikan dan menjadikan amal kita diterima oleh Allah. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.
 
 
@ Diinfokan oleh : Channel Telegram Belajar Tauhid al-Mubarok
 
Website : al-mubarok.com
E-mail Pengurus : yapadijogja@gmail.com 
Fanspage : Kajian Islam al-Mubarok
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *