Persiapan Program Bahasa Arab Ma’had Ibnul Mubarok

Bismillah.

Alhamdulillah setelah mengadakan kegiatan daurah 3 in 1 dalam masa liburan akhir semester beberapa waktu yang lalu insya Allah Ma’had Ibnul Mubarok akan kembali hadir dengan program bahasa arab bagi para penimba ilmu terutama generasi muda dan mahasiswa.

Insya Allah kegiatan Ma’had Ibnul Mubarok pada angkatan pertama ini akan dibuka pendaftarannya pada akhir bulan September 2017 (awal Muharram 1439 H) dan akan dimulai kegiatan belajar mengajar pada pertengahan bulan Oktober 2017 dengan membuka program belajar bahasa arab dasar hingga ilmu shorof.

Program ini terbuka untuk umum, putra dan putri dan diadakan di masjid-masjid di sekitar Kampus UMY secara rutin setiap hari Sabtu dan Ahad. Jadwal pelajaran bahasa arab setiap pekan ada 4 jam; 2 jam di hari Sabtu dan 2 jam di hari Ahad. Materi yang dipelajari adalah Durus Lughoh, Muyassar, dan Mukhtarot sebagai bekal kemampuan untuk bisa membaca kitab arab gundul.

Program Ma’had Ibnul Mubarok ini memang dirancang untuk mempersiapkan calon-calon santri Ma’had al-Mubarok. Karena di dalam kegiatan belajar Ma’had al-Mubarok akan digunakan kitab-kitab ulama yang berbahasa arab. Program belajar ilmu agama Ma’had al-Mubarok insya Allah akan dibuka pada semester 2 atau sekitar bulan Februari/Maret 2018.

Selain kegiatan belajar bahasa arab, insya Allah dalam kegiatan Ma’had Ibnul Mubarok juga diadakan kajian suplemen dengan mengangkat materi yang paling mendasar yaitu ilmu tauhid. Dalam kegiatan kajian suplemen ini insya Allah yang akan menyampaikan materi Ust. Afifi dan Ust. Romelan hafizhahumallah.

Demikian sekilas info seputar rencana program Ma’had Ibnul Mubarok angkatan pertama. Informasi selengkapnya insya Allah akan kami sampaikan setelah publikasi kegiatan dari panitia sudah fix. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita dan memotivasi untuk terus belajar dan beramal.

Yogyakarta, 2 Muharram 1439 H 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *