Dari Jabir radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian makan dengan tangan kiri. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 2019)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian makan hendaknya dia makan dengan tangan kanannya, dan apabila minum hendaknya dia minum dengan tangan kanannya. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum juga dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 2020)

Hadits ini merupakan dalil yang menunjukkan diharamkan makan dan minum dengan tangan kiri. Sebabnya adalah karena makan atau minum dengan tangan kiri adalah perbuatan dan perilaku setan. Sementara seorang muslim diperintahkan untuk menjauhi sifat-sifat dan perilaku orang-orang yang fasik/jahat terlebih lagi setan (lihat Subulus Salam, 4/1990)

al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan sebuah riwayat dari ‘Aisyah dengan sanad hasan, bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa makan dengan tangan kirinya maka setan akan ikut makan bersamanya.” (HR. Ahmad) (lihat Fath al-Bari, 9/648)

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Makan dengan tangan kanan adalah wajib. Barangsiapa makan dengan tangan kirinya maka dia berdosa dan melakukan maksiat kepada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam…” (lihat Syarh Riyadhus Shalihin, 2/572)

Demikian catatan faidah yang Allah mudahkan bagi kami untuk menuliskannya. Semoga bermanfaat bagi kita. Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam.