Ramadhan dan al-Qur’an

Segala puji bagi Allah. Salawat dan salam semoga terlimpah kepada nabi kita Muhammad, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka.

Amma ba’du.

Ramadhan kembali mendekatkan kita dengan al-Qur’an al-Karim. Sebuah kitab yang membawa petunjuk dan bimbingan bagi umat manusia. Sebuah kitab yang menunjukkan kepada kebahagiaan dan keselamatan.

Allah berfirman (yang artinya), “Barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku niscaya dia tidak akan sesat dan tidak pula celaka.” (Thaha : 123)

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma berkata, “Allah menjamin bagi siapa saja yang membaca al-Qur’an dan mengamalkan ajaran yang ada di dalamnya; bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat.”

Dengan al-Qur’an inilah kaum muslimin akan bisa mencapai kemuliaan dan kejayaan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah akan memuliakan dengan kitab ini kaum-kaum dan akan merendahkan dengannya kaum-kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Inilah saatnya kita kembali menikmati kesejukan dan kesegaran petunjuk Kitabullah. Merenungkan kandungan ayat-ayatnya dan mengambil bimbingan hidup darinya. Utsman bin Affan radhiyallahu’anhu berkata, “Seandainya bersih hati kita niscaya ia tidak akan merasa kenyang dengan kalam Rabb kita.”

Marilah kita isi hari demi hari di bulan yang penuh berkah ini dengan membaca al-Qur’an, merenungkan isinya, dan memetik ilmu dan hidayah dari dalamnya. Sembari kita terus berdoa kepada Allah agar menambahkan ilmu dan taufik-Nya kepada kita.

Sebagaimana doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk dibaca setiap pagi setelah sholat subuh. ‘Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan’ artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

Demikian sedikit faidah yang bisa kami sajikan dalam kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Yogyakarta, 4 Ramadhan 1437 H

Redaksi al-Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *