al-Mubarok

Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Berkenaan Tentang Kaum Khawarij

Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Akan muncul pada akhir zaman, suatu kaum yang masih muda umurnya dan lemah akal pikirannya. Mereka berkata-kata dengan sebaik-baik ucapan manusia, akan tetapi iman mereka tidak melampaui tenggorokannya. Mereka keluar dari agama seperti melesatnya anak panah yang menembus sasarannya. Dimana pun kalian jumpai mereka maka bunuhlah mereka itu. Karena sesungguhnya dengan membunuh mereka terdapat pahala bagi orang yang membunuhnya kelak pada hari kiamat.” (HR. Bukhari no. 6455)

Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah berkata, “Ini adalah dorongan untuk memerangi Khawarij. Karena mereka telah merusak kesatuan dan memecah-belah kalimat kaum muslimin. Oleh sebab itulah terdapat dalil-dalil yang berisi perintah untuk membunuh mereka.” (lihat Minhatul Malik al-Jalil, 12/419)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Ini adalah dalil yang tegas dan jelas mengenai wajibnya memerangi Khawarij dan bughat/pemberontak, dan hal itu adalah perkara yang disepakati oleh para ulama.” (lihat Syarh Muslim, 4/397)

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu, beliau mengisahkan : Ada seorang lelaki yang mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Ji’ranah. Ketika itu beliau baru saja pulang dari Hunain. Pada saat itu di atas kain Bilal ada perak dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang mengambilnya untuk diberikan kepada orang-orang. Maka lelaki itu berkata, “Wahai Muhammad! Berbuat adillah.” Beliau menjawab, “Celaka kamu, siapakah yang akan berbuat adil jika aku sendiri tidak berbuat adil? Sungguh aku pasti celaka dan merugi jika tidak berlaku adil.” Maka Umar bin Khaththab radhiyallahu’anhu pun berkata, “Biarkanlah aku wahai Rasulullah! Akan aku bunuh orang munafik ini.” Beliau menjawab, “Aku berlindung kepada Allah! Jangan sampai orang-orang membicarakan bahwa aku membunuh teman-temanku sendiri. Sesungguhnya orang ini dan pengikut-pengikutnya membaca al-Qur’an tetapi bacaan itu tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka keluar darinya sebagaimana anak panah keluar dari sasarannya.” (HR. Muslim no. 1063)

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Abu Dzar radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sesudahku nanti akan muncul di tengah-tengah umatku -atau akan ada sesudahku diantara umatku ini- suatu kaum yang membaca al-Qur’an tetapi bacaan mereka itu tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama sebagaimana anah panah keluar dari sasarannya kemudian mereka tidak kembali lagi kepadanya. Mereka adalah seburuk-buruk makhluk dan sejelek-jelek manusia.” (HR. Muslim no. 1067)

Imam Ibnu Abi ‘Ashim rahimahullah meriwayatkan dari Sa’id bin Jumhan, dia mengatakan : Aku pernah menemui Ibnu Abi Aufa, sedangkan dia dalam keadaan buta. Aku pun mengucapkan salam kepadanya. Maka beliau menjawab salamku. Lalu beliau bertanya, “Siapakah ini?”. Aku menjawab, “Aku Sa’id bin Jumhan.” Kemudian beliau bertanya, “Apa yang telah menimpa orang tuamu?”. Aku menjawab, “Dia telah dibunuh oleh kaum Azariqah -salah satu sekte Khawarij, pent-.” Beliau berkata, “Semoga Allah membinasakan semua penganut Azariqah.” Kemudian beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuturkan kepada kami, “Ketahuilah, sesungguhnya mereka itu adalah anjing-anjing penghuni neraka.”.” Aku pun bertanya, “Apakah ini mencakup semua penganut Azariqah ataukah semua Khawarij?”. Beliau menjawab, “Mencakup semua kelompok Khawarij.” (HR. Ibnu Abi ‘Ashim dalam as-Sunnah no. 937 dinyatakan hasan sanadnya oleh Syaikh Basim al-Jawabirah)

Faidah Hadits :

Hadits-hadits di atas memberikan faidah bahwa :
– Khawarij adalah salah satu sekte yang sesat dan membahayakan umat Islam
– Khawarij harus diperangi dan diberantas
– Kewajiban para ulama untuk menerangkan kesesatan kaum Khawarij
– Kewajiban pemerintah untuk melindungi masyarakat dari kejahatan Khawarij
– Salah satu ciri Khawarij adalah menghalalkan darah kaum muslimin
– Akar pemikiran Khawarij sudah ada di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hidup
– Khawarij terdiri dari berbagai macam kelompok dan aliran
– Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut Khawarij sebagai anjing-anjing neraka
– Wajibnya memperingatkan umat dari bahaya pemikiran Khawarij

Pada masa sekarang ini diantara kelompok penganut paham Khawarij yang suka mengkafirkan dan meneror kaum muslimin adalah ISIS dan al-Qaeda. Para ulama telah menjelaskan kesesatan dan penyimpangan mereka. Oleh sebab itu hendaklah kaum muslimin waspada dari bahaya dan pemahaman mereka.

Sumber kesesatan mereka diantaranya karena mengikuti pemikiran-pemikiran Sayyid Quthub –semoga Allah mengampuninya– yang tertuang dalam karya-karyanya semacam Ma’alim Fith Thariq, Fi Dzilalil Qur’an, al-’Adalah al-Ijtima’iyah, dsb. Para ulama kita telah memperingatkan dengan keras dari pemikiran-pemikiran takfiri yang ada di dalam kitab-kitab Sayyid Quthub.

Semoga Allah Ta’ala menjauhkan kita dari pemikiran-pemikiran Khawarij dan hanya kepada-Nya kita memohon.

Diedit oleh : al-Akh Wisnu hafizhahullah

Diposting oleh : al-Akh Andhrean hafizhahullah


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh Ari Wahyudi; pengajar nahwu-shorof untuk pemula di Perpustakaan al-Mubarok - Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Dalam mengurus website ini alhamdulillah kami banyak dibantu oleh teman-teman relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Donasi Peduli Wabah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI