al-Mubarok

Belajar Nahwu 1 Bulan (bagian 11)

images

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, kita masih bersama dengan pelajaran nahwu dari kitab muyassar. Pada beberapa pertemuan terdahulu sudah cukup banyak materi yang telah kita pelajari. Diantaranya adalah mengenai keadaan akhir kata pada isim dan pada fi’il.

Pada isim, ada yang akhirannya bisa berubah, disebut dengan istilah isim mu’rob. Demikian juga pada fi’il, yang akhirannya bisa berubah disebut dengan istilah fi’il mu’rob. Pada isim ada yang akhirannya selalu tetap dinamakan dengan isim mabni. Demikian pula pada fi’il ada yang akhirannya selalu tetap disebut fi’il yang mabni.

Perubahan akhir kata pada isim terbagi menjadi tiga; rofa’, nashob, dan jar. Adapun pada fi’il yang ada/berlaku adalah rofa’, nashob, dan jazem. Rofa’ ditandai dengan akhiran dhommah. Nashob ditandai dengan akhiran fathah. Jar ditandai dengan akhiran kasroh. Jazem ditandai dengan akhiran sukun.

Untuk mengunduh teks materi lebih lengkap silahkan buka di sini [klik]


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh Ari Wahyudi; pengajar nahwu-shorof untuk pemula di Perpustakaan al-Mubarok - Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Dalam mengurus website ini alhamdulillah kami banyak dibantu oleh teman-teman relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Donasi Peduli Wabah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI