al-Mubarok

Belajar Nahwu 1 Bulan (bagian 9)

kitab-hadits-1140x500

 

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, pada kesempatan ini kita lanjutkan kembali pelajaran nahwu dengan kitab muyassar. Pada pelajaran sebelumnya, sudah kita bahas mengenai macam-macam fi’il dan tanda i’robnya.

Fi’il ada yang mu’rob; yaitu yang akhirannya bisa berubah. Ada juga fi’il yang mabni yang akhirannya selalu tetap. Fi’il yang mu’rob bisa marfu’ bisa manshub dan bisa majzum. Tanda marfu’ untuk masing-masing fi’il berbeda, demikian juga tanda manshub dan tanda majzumnya.

Pada fi’il sahih akhir marfu’ dengan tanda dhommah, manshub dengan tanda fathah, dan majzum dengan tanda sukun di akhirnya. Adapun pada af’alul khomsah marfu’ dengan tanda tetapnya nun. Untuk manshub dan majzumnya af’alul khomsah adalah dengan dihapus nun.

Pada mu’tal akhir marfu’ dengan tanda dhommah muqoddaroh. Manshubnya dengan fathah kecuali untuk yang mu’tal alif maka ia dimanshub dengan tanda fathah muqoddaroh. Adapun tanda jazem mu’tal akhir adalah dengan dihapus huruf terakhirnya.

Untuk mengunduh teks materi selengkapnya silakan buka di sini [klik]

———————————————–

udah-blum


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh Ari Wahyudi; pengajar nahwu-shorof untuk pemula di Perpustakaan al-Mubarok - Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Dalam mengurus website ini alhamdulillah kami banyak dibantu oleh teman-teman relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Donasi Peduli Wabah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI