al-Mubarok

Belajar Nahwu 1 Bulan (bagian 8)

Desain-Jendela-Rumah-Minimalis-Cantik-1

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, kita telah memasuki pelajaran nahwu dengan kitab muyassar bagian yang kedelapan. Pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai macam-macam fi’il. Fi’il madhi adalah kata kerja lampau. Fi’il mudhori’ adalah kata kerja sekarang/akan datang. Fi’il amr adalah kata kerja perintah.

Fi’il madhi terbagi menjadi dua bentuk; aktif dan pasif. Kata kerja aktif disebut dengan istilah fi’il ma’lum. Kata kerja pasif disebut dengan fi’il majhul. Demikian pula pada fi’il mudhori’ ada yang aktif dan ada yang pasif.

Fi’il mudhori’ terbagi menjadi tiga kelompok; sahih akhir, mu’tal akhir, dan af’alul khomsah. Sahih akhir diakhiri dengan huruf sahih. Mu’tal akhir diakhiri dengan huruf ‘illah/penyakit; yaitu alif, wawu, ya. Af’alul khomsah diakhiri dengan huruf ‘illah dan nun; ‘aani’, ‘uuna’, ‘iina’.

Untuk mengunduh teks materi lebih lengkap buka di sini [klik]


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh Ari Wahyudi; pengajar nahwu-shorof untuk pemula di Perpustakaan al-Mubarok - Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Dalam mengurus website ini alhamdulillah kami banyak dibantu oleh teman-teman relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Donasi Peduli Wabah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI