al-Mubarok

Belajar Nahwu 1 Bulan (bagian 5)

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, bahasa arab sangat penting untuk kita pelajari, karena dengan memahami bahasa arab ini akan menjadi ‘jembatan’ bagi kita untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Berikut ini kami sajikan lanjutan seri pelajaran bahasa arab dengan kitab muyassar, semoga bermanfaat.

————————————————————————————————169703_poison-garden-inggris_300_225

Bismillah.

Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran bahasa arab dengan kitab muyassar. Pada bagian sebelumnya sudah kita bahas tentang tanda-tanda i’rob pada isim, yaitu materi di buku di halaman 13.

Ya, kita sudah membicarakan tanda-tanda i’rob untuk isim mufrod, isim mutsanna, dan isim jamak mudzakkar salim. Masih ingat bukan? Isim mufrod adalah kata benda tunggal; menunjukkan satu atau sebuah. Isim mutsanna kata benda yang menunjukkan ganda; dua atau dua buah. Adapun isim jamak mudzakkar salim adalah kata benda yang menunjukkan banyak/sekumpulan.

Kalau i’rob sendiri masih ingat? Ya, benar… I’rob itu adalah perubahan keadaan akhir kata disebabkan masuknya faktor yang mempengaruhi/’amil. I’rob ada empat; rofa’, nashob, jar, dan jazem. I’rob yang berlaku pada isim hanya tiga, yaitu rofa’, nashob, dan jar. Kalau rofa’ tanda dasarnya diakhiri dengan dhommah. Kalau nashob diakhiri dengan fathah. Kalau jar diakhiri kasroh…. Ya masih ingat insya Allah. Alhamdulillah….

Kalau marfu’ itu maksudnya apa? Ohya, marfu’ itu adalah kata yang i’robnya di-rofa’. Kalau manshub adalah kata yang i’robnya di-nashob. Kalau majrur adalah kata yang i’robnya di-jar. Kalau mabni itu apa maksudnya? Oh… Kalau mabni itu artinya kata yang akhirannya tidak bisa berubah alias tetap, kebalikannya adalah mu’rob; yaitu kata yang akhirannya bisa berubah….

Untuk mengunduh materi lebih lengkap silahkan buka di sini [klik]

——————————————————————–

Info Penerimaan Santri Baru —- tinggal dua hari lagi tutup pendaftaran ————–

IMG-20150702-WA0003


Redaksi

Redaksi al-mubarok.com dikelola oleh Ari Wahyudi; pengajar nahwu-shorof untuk pemula di Perpustakaan al-Mubarok - Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI). Dalam mengurus website ini alhamdulillah kami banyak dibantu oleh teman-teman relawan dan pegiat dakwah Masjid Jami' al-Mubarok (MJM) YAPADI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

    Pencarian

    Donasi Peduli Wabah

    Kategori Artikel

    Arsip Artikel

    Sejarah YAPADI