Perhatian Ulama Terhadap Perkara Iman

usulsunnah

Syaikh Shalih Al-Fauzan berkata :

Iman itu terdiri dari keenam rukun ini (iman kepada Allah, malaikat, dst). Ia dinamakan dengan sebutan Ushul/Pokok-Pokok Iman. Atau disebut juga dengan rukun-rukun iman. Dari rukun-rukun inilah tersusun akidah. Akidah itu sendiri adalah apa-apa yang diyakini dan dipegang kuat-kuat di dalam hati. Ia biasa disebut akidah, disebut juga dengan iman. Sebagaimana halnya para salaf biasa menyebutnya dengan iman.

Selain itu perkara akidah ini juga sering disebut dengan nama as-Sunnah. Oleh sebab itulah anda dapati bahwa karya-karya salaf itu berbeda-beda nama/judulnya. Sebagiannya diberi nama dengan iman atau ushulul iman. Sebagian lagi ada yang bernama dengan as-Sunnah, seperti kitab as-Sunnah karya Abdullah putra Imam Ahmad. Demikian pula kitab as-Sunnah karya al-Atsram. Ada juga kitab Syarah Ushul I’tiqad Ahlis Sunnah karya al-Laalikaa’i. Diantara para ulama ada juga yang menamai akidah dengan sebutan iman. Ada juga yang menamai dengan akidah saja. Dan adapula yang menyebutnya dengan nama tauhid. Ini semuanya adalah nama-nama yang beraneka ragam lafaznya akan tetapi sama maksudnya. Setiap nama tersebut bersumber dari dalil-dalil yang ada. Bukan sekedar istilah belaka sebagaimana yang dikatakan oleh sebagian orang.

Dari sanalah maka para ulama memberikan perhatian besar dalam masalah ini. Masalah akidah, iman, atau as-Sunnah. Mereka memberikan perhatian terhadap perkara ini dengan perhatian yang sangat besar. Mereka mencermati perkara-perkara ini dan menyusun banyak sekali tulisan di dalamnya untuk menjelaskan masalah akidah, pokok-pokoknya dan juga menerangkan dalil-dalil yang mendasarinya. Hal itu dikarenakan masalah akidah ini merupakan pondasi yang menjadi landasan tegaknya agama. Mereka menulis karya-karyanya baik dalam bentuk prosa ataupun bait-bait syair. Dan mereka padukan di dalamnya berbagai dalil dari al-Kitab dan as-Sunnah.

Sumber : Syarh Ad-Durrah Al-Mudhiyyah, hal. 13 karya Syaikh Al-Fauzan

Picture2x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *