Sekilas Tentang Web al-Mubarok

RF201206190541092586

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Website ini pada asalnya adalah bernama : kajianmahasiswa.wordpress.com yang merupakan wadah informasi dan dakwah yang dikelola oleh FORSIM/Forum Studi Islam Mahasiswa yang merupakan kumpulan beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan kampus lainnya.

Seiring berjalannya waktu, FORSIM membentuk sebuah program belajar islam yang diberi nama Ma’had al-Mubarok. Mengapa diberi nama al-Mubarok, karena program ini kami buka pertama kali dengan meminjam tempat di masjid al-Mubarok, sebuah masjid milik warga setempat yang berjarak kurang lebih 400 utara Kampus UMY.

Alhamdulillah, Ma’had al-Mubarok telah berjalan selama kurang lebih 1 tahun dengan kegiatan rutin berupa kajian akhir pekan yaitu setiap hari Sabtu dan Ahad di Masjid al-Mubarok dan kemudian dipindah ke gedung baru gedung serbaguna masjid al-Mubarok.

Pengajar Ma’had ini antara lain; Ustadz Afifi Abdul Wadud -seorang da’i senior di Jogja-, Ustadz Zaid Susanto, Lc -alumni Universitas Islam Madinah-, Ustadz M. Abduh Tuasikal -murid Syaikh Shalih al-Fauzan dan pengasuh web rumaysho.com-, Ustadz Ahmad Mz -pengasuh Forum Da’i Masyarakat Jogja-, Ustadz Fakhrudin -pengajar Islamic Center Bin Baz- dan ustadz-ustadz lain yang mengajar kegiatan tematik.

Selain itu, Ma’had al-Mubarok yang bernaung di bawah FORSIM ini juga mengadakan kegiatan belajar bahasa arab dasar dengan arahan untuk bisa membaca kitab ulama/kitab gundul. Diantara kitab yang diajarkan di sini adalah al-Muyassar, Mukhtarot, dan Mulakhosh Qawa’id Lughoh ‘Arabiyah. Diantara pengajar bahasa arab yang ada banyak diantaranya adalah alumni Ma’had al-‘Ilmi Yogyakarta yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari/YPIA Yogyakarta.

Selain kegiatan di atas, FORSIM juga ikut serta berupaya memfasilitasi para mahasiswa untuk mendapatkan lingkungan tinggal yang lebih baik dengan adanya program wisma. Alhamdulillah sampai saat ini ada 1 wisma yang dimiliki salah seorang donatur dan diserahkan kepada kami untuk dikelola. Sebelumnya juga sudah ada 1 wisma yang statusnya masih mengontrak di rumah milik warga yaitu rumah Bapak Abdul Aziz salah seorang pengurus Masjid al-Mubarok.

Adapun untuk situs al-mubarok.com yang selama ini berjalan alhamdulillah sudah ada beberapa konten yang bisa kami sajikan, diantaranya adalah; terjemah fatwa para ulama, artikel ringan, mutiara hikmah ulama, dan juga program belajar tauhid dan bahasa arab jarak jauh. Selain itu kami juga berkomitmen untuk ikut serta menyebarkan publikasi kajian atau donasi dan semacamnya yang sekiranya bisa semakin mengembangkan dakwah sunnah ini kepada segala segmen masyarakat.

Sampai saat ini alhamdulillah ada teman-teman yang membantu kami dalam mengelola website ini diantaranya adalah; al-Akh Ananda Surya -yang membelikan domain dsb-, al-Akh Yudha -yang memimpin Ma’had al-Mubarok-, al-Akh Windry -yang mengelola keuangan FORSIM-, al-Akh Andes -yang menjadi penggerak di lapangan-, dan lain-lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Semoga Allah membalas mereka semua yang membantu kegiatan-kegiatan ini dengan sebaik-baik pahala di sisi-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *