Kunci Evaluasi Belajar Tauhid 5 dan 6

0e334c4960f501

Evaluasi Pelajaran 5

A. Jawablah dengan menuliskan Benar atau Salah [B/S] :

  1. Tauhid tidak akan diterima tanpa ibadah [B]
  2. Ibadah yang tercampuri maksiat tidak akan diterima [S]
  3. Mengingkari thaghut adalah syarat diterimanya ibadah [B]
  4. Ibadah yang ikhlas adalah ibadah yang mengharapkan pahala dari Allah [B]
  5. Beribadah dengan modal takut saja adalah jalan kaum murji’ah [S]

B. Jawab Dengan Singkat dan Tepat!

  1. Sebutkan syarat-syarat diterimanya ibadah! Jawab : Ikhlas, mengikuti tuntunan
  2. Apa makna dari thaghut? Jawab : Segala yang disembah selain Allah
  3. Apa yang dimaksud dengan beribadah kepada thaghut? Jawab : Melakukan syirik
  4. Sebutkan pengertian ibadah menurut Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab! Jawab : Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah berkata, “Ibadah adalah kecintaan dan tundukan secara total, disertai kesempurnaan rasa takut dan perendahan diri.”
  5. Sebutkan dalil yang menunjukkan bahwa ibadah harus dilandasi ilmu! Jawab : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melakukan suatu amal yang tidak ada tuntunannya dari kami maka hal itu pasti tertolak.” (HR. Muslim dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha)

Evaluasi Pelajaran 6

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!

  1. Sebutkan definisi syirik! Jawab : Syirik adalah menyamakan antara selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan bagi Allah
  2. Apa perbedaan syirik akbar dengan syirik ashghar? Jawab : Syirik akbar menyebabkan pelakunya kekal di neraka, sedangkan syirik kecil tidak. Syirik besar menyebabkan pelakunya keluar dari Islam, syirik kecil tidak. Syirik besar menghapuskan pahala seluruh amal, syirik kecil tidak.
  3. Sebutkan dalil dari al-Qur’an yang menunjukkan bahwa dosa syirik tidak diampuni! Jawab : Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia akan mengampuni dosa lain yang berada di bawah tingkatan syirik itu bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya.” (QS. an-Nisaa’: 48).
  4. Sebutkan dalil dari al-Qur’an yang menunjukkan bahwa syirik menyebabkan haram masuk surga! Jawab : Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya barangsiapa yang mempersekutukan Allah maka Allah haramkan atasnya surga dan tempat tinggalnya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang zalim itu penolong.” (QS. Al-Ma’idah: 72)
  5. Sebutkan dalil dari al-Qur’an yang menunjukkan rasa takut Nabi Ibrahim ‘alaihis salam terhadap dosa syirik! Jawab : Allah ta’ala berfirman tentang doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam (yang artinya), “Jauhkanlah aku dan anak keturunanku dari menyembah patung.” (QS. Ibrahim: 35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *