Bimbingan Menyambut Bulan Ramadhan

oleh : Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

Suatu saat, Syaikh pernah mendapat pertanyaan :

نرجوا من فضيلتكم توجيهاً حول قدوم شهر رمضان؟ وما يجب على المسلم تجاه ذلك؟

Kami mengharapkan dari anda suatu bimbingan dan arahan yang berkaitan dengan kedatangan bulan Ramadhan? Apa yang wajib dilakukan oleh seorang muslim dalam menghadapi hal itu?

Beliau menjawab :

بسم الله الرحمن الرحيم،
الحمد لله رب العالمين، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين. أما بعد

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam. Salawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga dan pengikutnya, dan segenap para sahabatnya. Amma ba’du.

عما قريب يهل شهر رمضان المبارك بخيراته وفضائله على الأمة الإسلامية، هذا الشهر الذي جعله الله مباركاً أنزل فيه القرآن

Tidak lama lagi, hilal bulan Ramadhan yang diberkahi akan muncul dengan membawa berbagai kebaikan dan keutamaan bagi umat Islam. Inilah bulan yang Allah jadikan penuh dengan keberkahan, dimana pada bulan ini [dahulu] diturunkan al-Qur’an.

وجعل فيه ليلة القدر، وفرض صيامه على المسلمين، وشرع صيامه للمسلمين

Allah menetapkan pada bulan itu ada Lailatul Qadar/malam kemuliaan. Allah mewajibkan puasa pada bulan ini kepada segenap kaum muslimin. Dan Allah mensyari’atkan puasa Ramadhan ini bagi seluruh umat Islam.

فنهاره صيام وليله قيام، وما بين ذلك ذكر لله عز وجل تقرب إليه بأنواع الطاعات

Siang harinya diwarnai dengan puasa. Malam harinya diisi dengan sholat malam. Dan apa-apa yang ada diantara waktu-waktu itu dihiasi dengan dzikir kepada Allah ‘azza wa jalla serta mendekatkan diri kepada-Nya dengan berbagai jenis ketaatan.

فكل أوقته كلها مباركة، وكلها خير، وكلها غنيمة للمسلم

Oleh sebab itu, semua waktu yang ada pada bulan itu penuh dengan keberkahan, semuanya mengandung kebaikan. Dan semuanya merupakan ghanimah/perbendaharaan dan harta yang sangat berharga bagi seorang muslim.

فالواجب على المسلم أن يفرح بقدوم هذا الشهر لأن فيه أنقاضه من المهالك

Maka sudah semestinya bagi setiap muslim untuk bergembira dengan datangnya bulan ini; karena pada bulan ini dia akan mendapatkan jalan keselamatan dari berbagai kebinasaan dan kehancuran.

فإن هذا الشهر يحمل له خيرات كثيرة ومنجيات، إذا هو عرف قدره واستفاد منه

Hal itu dikarenakan bulan ini menyajikan untuknya banyak sekali kebaikan dan sebab-sebab keselamatan, yaitu apabila dia benar-benar memahami agungnya kedudukan bulan ini dan memetik faidah darinya dengan sebaik-baiknya.

فأما الغافل والجاهل في حق هذا الشهر فإنه لا يفرق بينه وبين غيره

Adapun orang yang tenggelam dalam kelalaian atau diliputi kebodohan terhadap keagungan bulan ini, maka sesungguhnya orang semacam itu tidak akan ‘mampu’ membedakan antara bulan ini dengan bulan-bulan yang lain.

بل ربما يعتبر شهر رمضان شهرا للكسل، شهرا للأكل والشرب

Bahkan, bisa jadi dia akan menganggap bulan Ramadhan adalah bulan untuk bermalas-malasan. Bulan untuk menyantap berbagai makanan dan minuman.

شهرا للنوم بالنهار، وسهرا بالليل، فلا يستفيد منه؛ بل إنه يأثم

Bulan untuk tidur di siang hari dan begadang di malam hari -tanpa faidah- sehingga dia tidak mendapatkan manfaat apa-apa darinya. Bahkan terjatuh dalam dosa.

لأن السيئة فيها تضاعف السيئة في غيره تغلظ، كما أن الحسنة فيه تعظم

Karena keburukan/dosa pada bulan itu akan dilipatgandakan dosanya daripada di bulan-bulan yang lainnya dan diberikan ganjaran hukuman yang lebih berat, sebagaimana pula pada bulan itu kebaikan akan diperbesar pahalanya.

والحسنة فيه يعظم ثوبها عند الله أكثر من غيرها، كذلك السيئات فإن أثمها تغلظ وذلك لشرف زمان هذا الشهر

Amal kebaikan pada bulan itu akan diperbesar pahalanya di sisi Allah jauh lebih banyak daripada amal kebaikan serupa yang dilakukan pada waktu-waktu selainnya. Demikian pula perbuatan-perbuatan maksiat maka dosanya jauh lebih berat, dan itu semuanya adalah disebabkan kemuliaan waktu yang ada pada bulan ini.

Dicuplik dari website beliau : http://alfawzan.af.org.sa/node/7473

One thought on “Bimbingan Menyambut Bulan Ramadhan

  • June 19, 2014 at 2:12 am
    Permalink

    Sangat membantu memperluas wawasa keislaman sy banyak mendapat informasi dari blog ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *