Kunci Jawaban Pelajaran Tauhid 4

tumblr_mjpe07zTkZ1qadhyjo1_500

A. Jawab Soal Di Bawah Ini Dengan Menulis Benar [B] atau Salah [S]

1. Kalimat laa ilaha illallah adalah syarat untuk menjadi muslim [B]

2. Cukup dengan ucapan laa ilaha illallah seorang pasti masuk surga [S]

3. Semua rasul menjadikan dakwah laa ilaha illallah sebagai materi pokok dakwahnya [B]

4. Tauhid adalah cabang keimanan yang paling tinggi [B]

5. Semua orang yang bertauhid pasti masuk surga [B]

B. Jawab Soal-Soal Di Bawah Ini Dengan Tepat!

1. Sebutkan nama surat dan nomor ayatnya, yang menunjukkan bahwa kaum musyrikin dahulu sudah memahami makna laa ilaha illallah!

Jawaban : Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya mereka itu apabila dikatakan kepada mereka laa ilaaha illallah maka mereka pun menyombongkan diri. Mereka berkata: Akankah kami meninggalkan sesembahan-sesembahan kami karena seorang penyair yang gila.” (QS. Ash-Shaffat: 35-36)

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan mereka [orang-orang musyrik Quraisy] merasa keheranan terhadap seorang pemberi peringatan yang muncul dari kalangan mereka. Orang-orang kafir itu pun berkata: ‘Dia ini adalah penyair lagi tukang dusta. Apakah dia hendak menjadikan ilah-ilah (sesembahan-sesembahan) ini menjadi satu sesembahan saja? Tentu saja ini adalah perkara yang sangat mengherankan’.” (QS. Shaad: 4-5)

2. Sebutkan teks terjemah dalil hadits -riwayat siapa- yang menunjukkan bahwa amal yang tercampuri syirik tidak akan diterima oleh Allah!

Jawaban : Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah tabaraka wa ta’ala berfirman, ‘Aku adalah Dzat yang paling tidak membutuhkan sekutu. Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang di dalamnya dia mempersekutukan selain-Ku bersama diri-Ku maka Kutinggalkan dia bersama kesyirikannya.” (HR. Muslim)

3. Sebutkan nama ulama tafsir yang menafsirkan perintah ‘sembahlah Aku’ [al-Anbiyaa’ : 25] dengan makna ‘tauhidkanlah Aku’!

Jawaban : Imam al-Baghawi rahimahullah

4. Sebutkan dua syarat diterimanya ibadah berdasarkan surat al-Kahfi ayat 110!

Jawaban : Ikhlas dan sesuai tuntunan

5. Sebutkan nama ulama salaf yang menjelaskan tafsir dari surat al-Kahfi ayat 110 mengenai syarat diterimanya amalan!

Jawaban : Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *