Menyembelih Kambing atau Ayam Untuk Rumah Baru

Home-Decorating1

oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

Syaikh pernah ditanya :

هل يجوز ذبح شاة، أو دجاجة في البيت الجديد قبل النزول فيه؟

Apakah diperbolehkan untuk menyembelih seekor kambing atau ayam di rumah baru sebelum menempati rumah itu?

Beliau menjawab :

إذا كان لاعتقاد أنه يدفع الجن، أو أشباه ذلك هذا لا يجوز، أما إذا ذبح لأهله، و جمع الجيران شكراً لله وجعل لهم وليمة للجيران هذا لا بأس به طيب، من باب الشكر لله سبحانه وتعالى، أما إذا ذبح دجاجة، أو ذبيحة أخرى عند تأسيسه، أو عند الانتهاء منه خوفاً من الجن، أو اعتقاد أنه يدفع الجن، أو أنه يحصل به كذا وكذا، هذا من البدع ما يجوز

Apabila dia meyakini bahwa hal itu menjadi sebab untuk mengusir jin atau keyakinan semacam itu maka itu tidak boleh. Adapun apabila dia menyembelih untuk hidangan keluarganya dan dia kumpulkan para tetangga untuk menyantapnya dalam rangka ungkapan syukur kepada Allah; dimana dia membuat acara walimah/perayaan kecil-kecilan untuk mengundang tetangga maka hal ini tidak mengapa, bahkan bagus. Karena ia termasuk dalam bentuk syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Adapun apabila dia menyembelih ayam atau sembelihan lainnya ketika membuat pondasinya atau ketika selesai pembangunan rumah karena takut akan gangguan jin atau karena dia meyakini perbuatan itu bisa mengusir jin atau bisa menimbulkan ini dan itu, maka ini termasuk perbuatan bid’ah dan tidak boleh dilakukan.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/9732

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *