Kunci Jawaban Evaluasi Belajar Tauhid Bagian 2

91611102b61b88ca2c4ff35d661bbd4a

Soal : Sebutkan pengertian tauhid yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam risalah Tsalatsatul Ushul!

Jawab : Mengesakan Allah dalam beribadah.

Soal : Faidah apa yang bisa kita petik dari hadits pengutusan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu ke Yaman dalam kaitannya dengan metode/prioritas penyampaian materi dakwah Islam?

Jawab : Materi dakwah yang paling pokok untuk disampaikan adalah tauhid.

Soal : Di dalam hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu’anhuma yang diriwayatkan Imam Muslim tentang rukun Islam terdapat dalil yang menunjukkan bahwa tauhid sangat penting di dalam agama, mengapa?

Jawab : Karena tauhid merupakan kandungan rukun Islam yang pertama.

Soal : Sebutkan terjemah ayat -beserta nama surat dan nomor ayatnya- yang menunjukkan bahwa orang-orang musyrik masa silam telah memahami makna/maksud kalimat laa ilaha illallah/kalimat tauhid!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “[orang-orang kafir itu berkata] Apakah dia -Muhammad- itu hendak menjadikan sesembahan-sesembahan yang banyak itu kemudian hanya menjadi satu sesembahan saja? Sungguh ini adalah sesuatu yang sangat mengherankan.” (QS. Shaad : 5)

Soal : Sebutkan salah satu dalil yang menunjukkan bahwa ibadah tanpa disertai tauhid tidak akan diterima di sisi Allah!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Rabbnya hendaklah dia melakukan amal salih dan tidak mempersekutukan dalam beribadah kepada Rabb-nya dengan sesuatu apapun.” (QS. Al-Kahfi : 110)

Allah berfirman (yang artinya), “Dan Kami teliti apa-apa yang dahulu mereka lakukan kemudian Kami jadikan ia bagaikan debu yang beterbangan.” (QS. Al-Furqan : 23)

Soal : Sebutkan dalil wajibnya bertauhid dari bagian awal di dalam surat al-Baqarah, dan juga di dalamnya terkandung bahwa tauhid rububiyah adalah dalil untuk mewajibkan tauhid uluhiyah!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “Wahai manusia, sembahlah Rabb kalian, yaitu yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 21)

Soal : Sebutkan nama seorang ulama ahli tafsir yang menjelaskan bahwa para rasul itu diutus untuk membawa ajaran keikhlasan dan tauhid!

Jawab : Qatadah rahimahullah

Soal : Sebutkan ucapan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah yang menunjukkan hendaknya kita -sebagai penimba ilmu- memiliki niat yang lurus dalam belajar akidah/tauhid atau ilmu-ilmu Islam yang lainnya!

Jawab : ‘Setiap ilmu dan amalan yang tidak menambah kekuatan iman dan keyakinan, maka itu adalah terkontaminasi. Dan setiap keimanan yang tidak membangkitkan amalan berarti iman itu telah terkontaminasi.’

Soal :Dimana letak kekeliruan penafsiran laa ilaha illallah dengan ‘tiada pencipta selain Allah’ atau ‘tiada pemberi rizki selain Allah’? Lalu apakah makna yang benar dari kalimat laa ilaha illallah?

Jawab :

Karena menafsirkan syahadat dengan ‘tiada pencipta selain Allah’ atau ‘tiada pemberi rziki selain Allah’ adalah menafsirkan kalimat tauhid dengan tauhid rububiyah, padahal untuk menjadi muslim haruslah bertauhid uluhiyah, tauhid rububiyah saja tidak cukup. Buktinya kaum musyrikin dahulu telah mengakui tauhid rububiyah dan hal itu belum bisa memasukkan mereka ke dalam Islam. Makna yang benar adalah tidak ada sesembahan yang benar selain Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *