Nasihat Syaikh Bin Baz rahimahullah

06

Bismillah.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah,

Berikut ini adalah cuplikan nasihat dari Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah yang pernah beliau sampaikan dalam sebagian kesempatan, semoga bisa menjadi penerang dalam perjalanan hidup kita. Sebagaimana nasihat al-Imam al-Hasan al-Bashri rahimahullah, “Kalau bukan karena keberadaan para ulama, maka manusia itu seperti binatang.”

Selamat menyimak nasihat beliau…

أوصي إخواني المسلمين أن يتقوا الله في كل حال، وأن يستقيموا على دينه وأن يخشوه سبحانه وتعالى أينما كانوا وأن يراقبوه، وأن يحاسبوا أنفسهم حتى لا يدعوا ما أوجب الله عليهم، وحتى لا يرتكبوا ما حرم الله عليهم، وأوصيهم بالتعاون على البر والتقوى، وبالتناصح

Aku mewasiatkan kepada saudara-saudaraku kaum muslimin agar mereka bertakwa kepada Allah dalam segala keadaan. Dan hendaklah mereka istiqomah di atas agama-Nya, merasa takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala dimana pun mereka berada; hendaklah mereka merasa selalu diawasi oleh-Nya. Dan hendaklah mereka mengevaluasi dirinya supaya mereka tidak meninggalkan hal-hal yang Allah wajibkan kepada mereka, dan supaya mereka tidak melakukan perkara-perkara yang diharamkan Allah atas mereka. Dan Aku juga mewasiatkan kepada mereka untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa, dan untuk saling menasihati.

والتواصي بالحق والصبر عليه أينما كانوا، وأوصيهم أيضاً بالتفقه في الدين، وحضور حلقات العلم وسؤال العلماء، فقد قال النبي صلى الله عليه وسلم في الحديث الصحيح: ((من يرد الله به خيراً يفقهه في الدين)). وقال صلى الله عليه وسلم: ((من سلك طريقاً يلتمس فيه علماً سهل الله له به طريقاً إلى الجنة)) فتعلم العلم بطلبه من أهم المهمات

Saling menasihati dalam kebenaran dan bersabar di atasnya dimana pun mereka berada. Dan aku wasiatkan kepada mereka juga untuk mendalami ilmu agama, menghadiri halaqah-halaqah ilmu serta bertanya kepada para ulama. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda dalam hadits sahih, “Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya maka Allah pahamkan dalam urusan agama.” Dan juga beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan dalam rangka menimba ilmu agama maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” Oleh sebab itu, menuntut dan menimba ilmu adalah perkara yang sangat-sangat penting.

أسأل الله عز وجل بأسمائه الحسنى وصفاته العلى أن يوفق المسلمين أينما كانوا لما يرضيه، وأن يصلح ولاة أمرهم وقادتهم، وأن يهدي الجميع صراطه المستقيم، وأن يوفق القادة وأعوانهم وسائر شعوبهم لتحكيم الشريعة والتحاكم إليها والثبات عليها والتواصي بها والحذر مما يخالفها، إنه سميع قريب، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه.

Aku memohon kepada Allah ‘azza wa jalla dengan nama-nama-Nya yang maha inah dan sifat-sifat-Nya yang maha mulia supaya Allah berikan taufik kepada kaum muslimin dimana pun mereka berada untuk menggapai apa-apa yang diridhai oleh-Nya, dan semoga Allah memperbaiki para pemimpin dan penguasa mereka, dan semoga Allah berikan hidayah kepada kita semuanya menuju jalan-Nya yang lurus.

Dan semoga Allah berikan taufik kepada pemerintah dan pembantu-pembantunya serta seluruh rakyatnya untuk bisa berhukum dengan syari’at, mengembalikan persoalan hukum kepadanya serta teguh di atasnya, saling menasihati dengan syari’at ini, dan waspada dari segala hal yang menyelisihinya. Sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha mengabulkan doa.

Semoga salawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/1694

:: Ingin Belajar Bahasa Arab dan Tauhid Dari Jarak Jauh?

:: Ingin Belajar Baca Kitab Dari Nol?

:: Ingin Belajar Tahsin al-Qur’an?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *