Dilahirkan Di Atas Fitrah

aqeda0097

Komite Tetap Urusan Fatwa di Arab Saudi pernah mendapatkan pertanyaan :

Apakah agama yang ada pada diri seorang insan saat dia terlahir adalah agama yang benar?

Maka para ulama menjawab :

Setiap insan dilahirkan di atas fitrah bertauhid. Sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Setiap bayi terlahir di atas fitrah. Kemudian kedua orang tuanyalah yang menjadikan anaknya berubah menjadi beragama Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (Muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Akan tetapi fitrah ini tidaklah mencukupi untuk bisa mengenali perincian-perincian tauhid serta tata cara untuk beribadah kepada Allah jalla wa ‘ala. Oleh sebab itu orang harus belajar dan mendalami agama, mengikuti Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dan patuh kepada ajarannya. Karena rasul adalah penyampai dari Rabbnya -yaitu Allah- subhanahu wa ta’ala mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh hamba dalam hal perincian urusan agama dan ibadahnya.

Dengan cara itulah seorang muslim baru akan bisa mengenal ibadah yang menjadi tujuan penciptaan dirinya. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah ta’ala (yang artinya), “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat : 56)

Wa billahit taufiq. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa alihi wa shahbihi wa sallam.

Komite Tetap Urusan Pengkajian Ilmiah dan Fatwa

Sumber : http://www.albetaqa.com/papers/details.php?image_id=3280

:: Ingin Belajar Bahasa Arab dan Tauhid Dari Jarak Jauh?

:: Ingin Belajar Baca Kitab Dari Nol?

:: Ingin Belajar Tahsin al-Qur’an?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *