Buah Ilmu, Untaian Nasihat Ulama

560drinkkiwi

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah berkata :

الثمرة من العلم هو العمل به والانتفاع به، فإذا لم يعمل الإنسان بعلمه ولا ينتفع به صار كاليهود، كمثل الحمار يحمل أسفارا، نسأل الله السلامة والعافية

Buah dari ilmu adalah beramal dengannya dan memetik faidah darinya. Oleh sebab itu, apabila seorang insan tidak mengamalkan ilmunya dan tidak bisa mengambil manfaat dari ilmu itu, maka dia menjadi serupa dengan Yahudi, seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Kita memohon kepada Allah keselamatan dan kebaikan.

> Sumber : Situs Beliau

عن الشعبي قال: إنا لسنا بالفقهاء ولكنا سمعنا الحديث فرويناه ولكن الفقهاء من إذا علم عمل

Dari asy-Sya’bi, beliau pernah berkata, “Kami ini bukanlah fuqoha’/ahli agama. Akan tetapi kami hanya mendengar hadits lalu kami pun meriwayatkannya. Karena sesungguhnya fuqoha’ itu adalah orang yang apabila berilmu maka dia pun mengamalkannya.”

> Dari kitab Iqtidha’ al-’Ilmi al-’Amala oleh Khathib al-Baghdadi rahimahullah, dikutip dari sini

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah menasihatkan :

إن ثمرة العلم هي العمل والدعوة إلى الله به فمَن لم يعمل بعلمه كان علمه وبالاً عليه ومَن لم يدعُ الناس به كان علمه قاصرًا عليه، مَن عمل بِمَا علم ورّثه الله علم ما لم يعلم كما قال الله عزَّ وجل: وَالَّذِينَ اهْتَدَوْا زَادَهُمْ هُدىً وَآتَاهُمْ تَقْوَاهُمْ

Sesungguhnya buah dari ilmu adalah beramal dan berdakwah ilallah. Oleh sebab itu barangsiapa yang tidak mengamalkan ilmunya maka ilmunya itu adalah bencana baginya. Dan barangsiapa yang tidak berdakwah kepada manusia maka ilmunya hanya terbatas untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya, niscaya Allah akan mewariskan kepadanya ilmu tentang apa-apa yang belum dia mengerti. Sebagaimana firman Allah ‘azza wa jalla (yang artinya), “Dan orang-orang yang mengikuti petunjuk itu Allah akan tambahkan kepada mereka hidayah dan Allah berikan kepada mereka ketakwaan.” (QS. Muhammad : 17)

> Sumber : Situs Beliau

Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alusy Syaikh hafizhahullah berkata :

من ثمرات العلم أنه يجلب الإخلاص ، فالعلم النافع – الذي هو التوحيد – يقود إلى الإخلاص

“Salah satu diantara buah ilmu itu adalah ia akan menumbuhkan keikhlasan. Maka, ilmu yang bermanfaat -dalam hal ini, yaitu tauhid- akan mengarahkan dan membimbing menuju keikhlasan…”

> Sumber : Situs Beliau

Syaikh Muhammad Ali Firkaus hafizhahullah menuturkan :

قال صلى الله عليه وآله وسلم: «مَثَلُ العَالِمِ الَّذِي يُعَلِّمُ النَّاسَ الخَيْرَ وَيَنْسَى نَفْسَهُ كَمَثَلِ السِّرَاجِ يُضِيءُ لِلنَّاسِ وَيُحْرِقُ نَفْسَهُ

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang berilmu dan mengajarkan kebaikan kepada orang-orang namun melupakan dirinya sendiri adalah seperti lentera yang menyinari manusia akan tetapi membakar dirinya sendiri.” (HR. ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, disahihkan al-Albani dalam Sahiih Targhib wa Tarhib)

> Sumber : Situs Beliau

Baca Juga :

Kitab Tsamaratu al-’Ilmi al-Amalu oleh Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah

Kitab Iqtidha’ al-’Ilmi al-’Amala oleh Imam al-Khathib al-Baghdadi rahimahullah

Makalah al-Ikhlash, Barakatul ‘Ilmi wa Sirrut Taufiq oleh Syaikh Muhammad ‘Ali Firkaus hafizhahullah

One thought on “Buah Ilmu, Untaian Nasihat Ulama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *