Kunci Persatuan, oleh Syaikh Shalih al-Fauzan

tauhid

Kaum muslimin yang dirahmati Allah…

Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah menyampaikan dalam sebuah ceramahnya yang berjudul ‘Urgensi Tauhid’, suatu ungkapan yang sangat indah dan sekaligus menjadi nasihat bagi para da’i, pejuang dakwah, dan segenap umat Islam.

Beliau berkata :

ولا يمكن أن تجتمع هذه الأمة إلا بالعلم النافع والعمل الصالح الذي أساسه التوحيد وإفراد الله سبحانه وتعالى بالعبادة

“Tidak mungkin akan terwujud persatuan umat ini kecuali dengan ilmu yang bermanfaat dan amal salih yang asasnya adalah tauhid dan mengesakan Allah subhanahu wa ta’ala dalam beribadah.”

Beliau juga menegaskan :

فالعقيدة هي أساس ديننا وهي قاعدة شريعتنا ولا يصح عمل إلا بتصحيح العقيدة مهما كانت الأعمال

“Akidah adalah asas di dalam agama kita. inilah kaidah/pondasi syari’at kita. Dan tidaklah sah suatu amal apapun kecuali dengan meluruskan akidah; bagaimana pun bentuk amal-amal itu.”

Beliau juga menasihatkan kepada kita :

فلهذا ندعو إلى تصحيح العقيدة والعناية بها وتعلمها وتعليمها وتأليف الكتب والرسائل فيها وطبعها ونشرها وتوزيعها ، ثمّ يتبعها بقية أوامر وشرائع الدين

“Oleh sebab itu, kami mengajak untuk meluruskan akidah, memberikan perhatian serius kepadanya, mempelajari dan mengajarkannya, serta menulis buku-buku dan risalah-risalah tentangnya. Lalu mencetak, menyebarkan, dan membagi-bagikannya. Kemudian setelah itu diikuti dengan perintah-perintah dan syari’at-syari’at agama selainnya.”

Semoga cuplikan sebagian nasihat beliau ini bermanfaat bagi kita semuanya. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Sumber : http://www.ahlos-sunnah.com/?p=229

[al-mubarok.com]

One thought on “Kunci Persatuan, oleh Syaikh Shalih al-Fauzan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *