Kiat Selamat Di Masa Penuh Fitnah dan Penyimpangan

ilmunasihat

Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah pernah ditanya :

Apakah yang anda nasihatkan kepada kami di masa ini yang begitu banyak fitnah/kekacauan dan tersebar ahli bid’ah serta wafatnya para ulama?”

Beliau menjawab :

Pertama kali yang aku wasiatkan kepada kalian adalah untuk bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala, banyak-banyak berdoa kepada Allah agar memberikan keteguhan kepada kami dan kalian di atas agama [Islam ini], dan supaya Allah menjaga kita dari keburukan fitnah-fitnah.

Kemudian, kami wasiatkan juga kepada kalian untuk menimba ilmu; menimba ilmu dari ahli ilmu serta bersemangat dalam menimba ilmu. Karena sesungguhnya tidaklah menjaga dari fitnah-fitnah dengan izin Allah kecuali dengan ilmu yang benar.

Adapun apabila anda tidak membekali diri dengan ilmu yang benar maka bisa jadi anda terjerumus di dalam fitnah-fitnah dalam keadaan tidak sadar dan tidak mengetahui bahwa hal itu adalah fitnah. Oleh sebab itu wajib atas kalian untuk terus menimba ilmu kepada ahli ilmu, janganlah kalian malas menimba ilmu, selama hal itu masih memungkinkan bagi kalian untuk dilakukan [maka tuntutlah ilmu].”

Sumber : http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14958

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *