Kajian Tematik ‘Meniti Jejak Generasi Terbaik’

copy-10013952_809621255733637_688662640_n.jpg

Insya Allah, pada hari Senin 29 Jumadal Ula 1435 H yang bertepatan dengan 31 Maret 2014 di Masjid K.H. Ahmad Dahlan Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl. Lingkar Selatan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta diadakan kajian umum dengan tema ‘Meniti Jejak Generasi Terbaik’ bersama pemateri salah seorang alumni Universitas Islam Madinah yaitu Ustadz Muhammad Romelan, Lc hafizhahullah.

Kajian ‘Meniti Jejak Generasi Terbaik’ ini terselenggara dengan kerjasama antara FORSIM/Forum Studi Islam Mahasiswa dengan takmir Masjid K.H. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selaku penyedia tempat kajian dan fasilitas-fasilitas lainnya. Oleh sebab itu panitia mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus masjid secara khusus dan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara umum atas bantuan dan dukungannya demi terselenggaranya acara ini. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberikan balasan yang terbaik di sisi-Nya atas amal-amal mereka. 

Kajian ini terbuka untuk umum, putra dan putri. Insya Allah kajian dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga menjelang zuhur. Susunan acaranya adalah sbb : [1] Pembukaan oleh pembawa acara oleh Saudara Andi Muhammad Ihsan Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas ISIPOL UMY, [2] Perkenalan FORSIM dan Ma’had al-Mubarok oleh perwakilan FORSIM Saudara Harto Andi Irawan Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UMY, [3] Penyampaian materi kajian selama 1,5 jam oleh Ustadz Muhammad Romelan, Lc hafizhahullah, beliau adalah staf pengajar di Islamic Center Bin Baz Piyungan Bantul, [4] Tanya jawab selama kurang lebih 15 menit; peserta bisa mengirimkan pertanyaan via SMS kepada panitia di no HP 0812 4180 0169, [5] Penutup dan pengumuman. Kajian insya Allah selesai pada pukul 11.30 WIB.

Dalam acara kajian ini panitia juga mengedarkan kotak infak kajian yang hasilnya nanti akan disumbangkan kepada takmir Masjid al-Mubarok/panitia pembangunan gedung serbaguna yang berlokasi di depan Masjid al-Mubarok Tegalrejo, 400 m sebelah utara Kampus UMY. Masjid al-Mubarok adalah masjid milik warga yang alhamdulillah telah banyak membantu dan memfasilitasi kegiatan pendidikan dan dakwah Ma’had al-Mubarok/FORSIM selama ini.

Ma’had al-Mubarok adalah program belajar islam untuk masyarakat umum dan mahasiswa yang diadakan secara rutin oleh FORSIM setiap akhir pekan yaitu pada hari sabtu dan ahad. Jadwal kajian rutin al-Mubarok adalah sebagai berikut :

Sabtu, Pkl. 13.15 – 14.45 WIB Kajian Fikih bersama Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc. hafizhahullah, beliau adalah pengasuh website dakwah www.rumaysho.com dan pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia/KPMI.

Sabtu, Pkl. 15.30 – 17.00 WIB Kajian Tauhid bersama Ustadz Ahmad Mz. S.S. hafizhahullah, beliau adalah pengasuh Forum Dakwah Masyarakat Jogja/FDMJ dan pembina/penasihat Kampus Tahfizh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta.

Ahad, Pkl. 08.15 – 09.30 WIB Kajian Tafsir Ayat Pilihan bersama Ustadz Fakhrudin hafizhahullah, beliau adalah staf pengajar di Islamic Center Bin Baz dan pernah mengajar di Pondok Pesantren Jamilurrahman, Bantul.

Ahad, Pkl. 10.00 – 11.30 WIB Kajian Tazkiyatun Nafs/Penyucian Jiwa bersama Ustadz Zaid Susanto, Lc hafizhahullah, beliau adalah alumnus Universitas Islam Madinah dan menjadi pembina Forum Dakwah Masyarakat Jogja serta pemateri kajian rutin Radio Muslim Jogjakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *