Anjuran Menimba Ilmu Syar’i

ilmu2

Dalam salah satu ceramahnya, Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata :

يها الناس من استطاع منكم أن يتفرغ لطلب العلم وتحصيله فذلك أفضل، وتلك نعمة كبرى، وغنيمة فُضْلى، وإن التفرغ لطلب العلم ليتأكد في هذا الزمان الذي قل فيه الفقهاء في دين الله وكثر فيه طلب الدنيا والإقبال عليها من أكثر الناس، ومن لم يستطيع أن يتفرغ لطلب العلم فليستمع إلى العلم وليجلس إلى أهله فيستفيد منهم ويفيد غيره

Wahai umat manusia, barangsiapa diantara kalian yang mampu untuk memfokuskan dirinya dalam rangka menimba ilmu [syar’i] dan mendalaminya maka hal itu adalah perkara yang lebih utama dan itu merupakan kenikmatan yang sangat besar, suatu ghanimah/kebaikan yang sangat utama.

Dan sesungguhnya memfokuskan diri dalam menimba ilmu [agama] semakin bertambah besar urgensinya pada zaman seperti sekarang ini dimana sedikit sekali fuqoha/ahli agama yang mumpuni. Apalagi di masa kini ambisi orang dalam mencari dunia semakin besar dan kebanyakan orang hanya memperhatikan urusan dunia semata.

Barangsiapa yang tidak mampu untuk memfokuskan dirinya dalam rangka menimba ilmu hendaklah dia mendengarkan penyampaian ilmu dan ikut duduk belajar kepada ahli ilmu sehingga dia akan bisa mengambil faidah dari mereka dan berbagi faidah yang dia peroleh kepada orang lain.

Sumber : http://www.ibnothaimeen.com/all/khotab/article_97.shtml

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *